Rauhanda Riyantama
Poster laga Timnas Indonesia vs Argentina di FIFA Matchday pada 19 Juni 2023. (PSSI)

Bolatimes.com - Berikut daftar negara dengan peringkat FIFA Tertinggi yang pernah dihadapi Timnas Indonesia, di mana yang terbaru adalah Argentina.

Timnas Indonesia kerap melakoni uji tanding melawan negara-negara lainnya dalam agenda bertajuk FIFA Matchday atau laga persahabatan.

Dalam perjalanannya, lawan-lawan yang dihadapi skuad Garuda kebanyakan adalah negara-negara yang punya kekuatan setara atau di bawahnya.

Baca Juga:
Akun Piala Dunia Bikin Head to Head Timnas Indonesia vs Argentina, Lionel Messi Disandingkan dengan Pratama Arhan

Jarang sekali Timnas Indonesia bertanding melawan negara-negara kuat dengan peringkat FIFA tinggi dalam laga persahabatan, menyusul ranking yang dimiliki tim Merah Putih

Karena ranking Timnas Indonesia yang jeblok dalam beberapa tahun atau dekade terakhir, sehingga jarang negara-negara kuat mau menerima tawaran untuk melakoni laga FIFA Matchday.

Meski demikian, Timnas Indonesia tercatat beberapa kali pernah menghadapi negara-negara kuat yang berkunjung ke Tanah Air.

Baca Juga:
Timnas Indonesia versus Argentina, Pelatih asal Brasil Beri Sambutan Hangat

Negara-negara kuat ini bukan negara sembarangan, melainkan negara-negara yang memiliki ranking FIFA tinggi dan langganan event-event besar seperti Piala Dunia.

Lantas, negara dengan peringkat tinggi mana saja yang pernah menjadi lawan Timnas Indonesia? Berikut daftarnya.

1. Uruguay

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-23 Wajib Waspada, Turkmenistan Kontestan yang Pernah Bikin Kejutan di Piala Asia U-23

Uruguay bisa dikatakan menjadi lawan pertama Timnas Indonesia yang punya ranking tertinggi di FIFA, saat beruji tanding pada 2010 silam di Tanah Air.

Pada laga yang bergulir di bulan Oktober 2010 itu, Uruguay datang dengan status semifinalis Piala Dunia 2010. Tak ayal, ranking yang dimiliki tim berjuluk La Celeste itu terbilang tinggi.

Saat menghadapi Timnas Indonesia pada Oktober 2010 lalu, Luis Suarez dkk berada di peringkat ke-7 dunia. Sedangkan saat ini, Uruguay berada di ranking 16 FIFA.

Baca Juga:
Profil Javier Zanetti, Legenda Inter Milan yang Bantu Indonesia Datangkan Argentina

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia sendiri harus mengakui keunggulan Uruguay dengan skor 1-7, usai gol Boaz Solossa dibalas oleh Hattrick Edinson Cavani dan Luis Suarez, serta satu gol Sebastian Eguren.

2. Belanda

Belanda juga pernah mampir dan bertanding melawan Timnas Indonesia pada 2013 silam, tepatnya pada bulan Juni 2013 pada ajang FIFA Matchday.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno itu, Belanda datang membawa bintang-bintangnya seperti Arjen Robben, Robin van Persie, dan lainnya.

Saat datang dan menantang Timnas Indonesia, Belanda saat itu berada di peringkat kelima dunia dan berstatus Runner Up Piala Dunia 2010. Kini, tim berjuluk De Oranje itu ada di peringkat ke-6 dunia.

Dalam pertandingan itu, Timnas Indonesia juga harus mengakui keunggulan Belanda dengan skor 3-0 lewat dua gol Siem de Jong dan satu gol Arjen Robben.

3. Kamerun

Kamerun merupakan tim kuat asal Afrika yang pernah mampir ke Tanah Air dan beruji tanding melawan Timnas Indonesia pada 2015 silam, tepatnya di bulan Maret 2015.

Kamerun saat itu datang dengan barisan para pemain mudanya yang bakal jadi bintang masa depan, seperti salah satunya adalah Vincent Aboubakar yang jadi top skor Piala Afrika 2021.

Saat bertanding melawan Timnas Indonesia pada 2015 lalu, Kamerun berada di ranking 49 dunia. Saat ini, tim berjuluk Les Lions Indomptables itu berada di ranking 42 dunia.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo itu, Timnas Indonesia takluk dengan skor 0-1 dari Kamerun lewat gol Vincent Aboubakar.

4. Argentina

Teranyar, Timnas Indonesia akan menghadapi tim dengan peringkat FIFA tertinggi di dunia dan juara Piala Dunia 2022, yakni Argentina.

Kepastian ini telah disampaikan oleh PSSI maupun AFA selaku federasi sepak bola Argentina, di mana duel ini akan tersaji pada FIFA Matchday Juni 2023, tepatnya pada tanggal 19 Juni 2023.

Sebelum melawan Argentina, Timnas Indonesia sendiri akan menghadapi Palestina pada 14 Juni 2023, yang merupakan tim yang ada dalam 100 besar FIFA.

Laga melawan Argentina sendiri akan jadi pengalaman berharga bagi Timnas Indonesia, mengingat banyaknya bintang ternama di kubu La Albiceleste dan statusnya sebagai tim terbaik dunia saat ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More