Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Kapten Inter Milan, Javier Zanetti mengangkat Piala Liga Champions 2010/2011 usai mengalahkan Bayern Munchen di Final (AFP)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, tidak menggunakan jasa agen untuk mendatangkan Argentina ke Indonesia.  Ia hanya dibantu beberapa rekan, salah satunya legenda Inter Milan Javier Zanetti, yang kini menjabat sebagai wakil presiden klub berjuluk Nerazzurri itu.

Erick Thohir mengenal Javier Zanetti ketika masih di Inter Milan. Seperti diketahui, Zanetti adalah salah satu mantan pesepakbola kenamaan asal Argentina.

Mantan pemain Javier Zanetti (kiri), ketua Suning Group Zhang Jindong (kedua kiri), dan ketua Inter Milan Erick Thohir berpose sebelum pertandingan sepak bola Serie A Italia Inter Milan vs Juventus pada 18 September 2016 di 'Stadion San Siro' di Milan.MARCO BERTORELLO / AFP

Erick Thohir menjelaskan, awal mula pembicaraan dengan pihak Argentina adalah ketika Kongres FIFA di Rwanda pada pertengahan Maret 2023. Di sana, Ketum PSSI bertemu dengan petinggi-petinggi federasi sepak bola lainnya.

Baca Juga:
Beda dengan Thailand, PSSI Tak Akan Hukum Pemain yang Terlibat Keributan di Final SEA Games 2023

"Kami kontak langsung dengan Argentina, saya juga terima kasih kepada Maria Cristina Russo teman lama saya dari Italia, saya juga minta tolong Javier Zanetti, jadi ada hubungan langsung," kata Erick Thohir saat konferensi pers di SUGBK, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Sebelumnya, beredar isu bahwa kedatangan Timnas Indonesia ke Argentina berkat pihak ketiga. Namun, hal itu dibantah Erick Thohir.

Erick mempersilahkan jika ada pihak yang ingin mendatangkan tim atau negara dari luar negeri. Namun, jika bersinggungan dengan Timnas Indonesia harus menyesuaikan jadwal PSSI.

Baca Juga:
Doa Shin Tae-yong Benar-benar Manjur, Impian Timnas Indonesia Lawan Tim Ranking 100 Besar FIFA Terealisasi

"Untuk teman-teman yang ingin membawa tim internasional main di Indonesia saya tak menutup itu. Saya welcome, tapi harus kalender PSSI karena kita punya masa depan, FIFA Matchday, ga bisa kaya dahulu, PSSI harus yang mengatur, apalagi kalau bawa-bawa timnas Indonesia," pungkasnya.

Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Argentina di FIFA matchday pada 19 Juni 2023 mendatang. Pertandingan rencananya akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Baca Juga:
Erick Thohir Salut dengan FA Thailand yang Hukum Pemain dan Staf yang Ribut di Final SEA Games 2023

Load More