Rauhanda Riyantama
Pemain Ratchaburi FC, Jonathan Khemdee. (Instagram/@rbfcofficial_)

Bolatimes.com - Berikut deretan aksi kontroversial bek Timnas Thailand, Jonathan Khemdee, yang belakangan menyita perhatian pecinta sepak bola Indonesia.

Nama Jonathan Khemdee memang tengah hangat diperbincangkan pecinta sepak bola Tanah Air menyusul tindak-tanduknya saat bermain.

Tindak-tanduk kontroversialnya kerap menjadikan bek keturunan Denmark itu sasaran komentar negatif netizen Indonesia.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Tak Pernah Kalah di Kandang Sejak Ditangani Shin Tae-yong, Bisa Pertahankan Rekor Lawan Argentina?

Salah satunya pada SEA Games 2023 lalu, saat dirinya dikartu merah oleh wasit pada laga final melawan Timnas Indonesia U-22.

Di laga itu, bek berusia 21 tahun ini mendapat kartu merah pasca mendapat kartu kuning kedua, usai menjegal Rio Fahmi di babak Extra Time.

Karena dirinya diusir oleh wasit, Thailand pun kesulitan mengimbangi permainan Timnas Indonesia U-22 dan tumbang dengan skor 5-2 dalam laga perebutan medali emas tersebut.

Baca Juga:
Reaksi Menohok Erick Thohir Disinggung Biaya yang Dikeluarkan PSSI untuk Datangkan Argentina

Selain aksinya di final SEA Games 2023 melawan Timnas Indonesia U-22, Jonathan Khemdee ternyata kerap melakukan aksi kontroversial yang memancing amarah netizen Tanah Air.

Apa saja aksi kontroversial Jonathan Khemdee tersebut? Berikut rangkumannya.

1. Memprovokasi Wasit

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Tanding Lawan Tim SMA, Netizen: Serasa Lagi Nonton Timnas

Pertama kali nama Jonathan Khemdee menjadi sasaran netizen Indonesia adalah saat dirinya menghadapi Timnas Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam lalu.

Di laga semifinal tersebut, Jonathan Khemdee melakukan aksi kotor dengan memprovokasi wasit, sehingga tiga penggawa Timnas Indonesia mendapat kartu merah.

Kartu merah itu diterima oleh Firza Andhika, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto di babak Extra Time, sehingga Timnas Indonesia gagal ke final SEA Games 2021.

Baca Juga:
Usai Argentina, Erick Thohir Ngaku Sudah Kontak Maroko, Brasil hingga Portugal untuk Lawan Timnas Indonesia

2. Membuang Medali SEA Games 2023

Aksi Jonathan Khemdee yang kontroversial kembali berlanjut di SEA Games 2023, tepatnya setelah final melawan Timnas Indonesia U-22.

Usai laga, Jonathan Khemdee membuang medali perak yang diberikan padanya dan rekan-rekannya ke arah penonton, yang kemudian ditawar oleh orang hingga Rp1,2 miliar.

Aksi tersebut membuat Jonathan Khemdee tak hanya dihujat oleh netizen Indonesia, melainkan juga Kamboja yang dianggap tak menghargai tuan rumah.

3. Berpura-pura Jadi Netizen Indonesia

Jonathan Khemdee kembali membuat kontroversi pasca SEA Games 2023, dengan berpura-pura menjadi netizen Indonesia di media sosial Instagram.

Hal tersebut terjadi saat ia menonton siaran langsung rekannya, Songchai Thongcham, di Instagram. Saat itu, banyak netizen Indonesia memberi komentar 5-2 atau 2-5 yang merujuk pada hasil final SEA Games 2023.

Tak disangka, Jonathan Khemdee ikut-ikutan memberi komentar 5-2 Indonesia dengan emoji api, yang membuat netizen Indonesia mengamuk karena tengah disindir.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More