Rauhanda Riyantama
Aksi Jordi Amat saat berseragam Espanyol menghadapi Lionel Messi yang masih bermain di Barcelona. (AFP)

Bolatimes.com - Melihat rekam jejak pertarungan Jordi Amat dan Lionel Messi jelang duel Timnas Indonesia vs Argentina di FIFA Matchday Juni 2023.

Sebagaimana diketahui, Argentina telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan melakoni pertandingan melawan Timnas Indonesia.

Hal ini diketahui dari cuitan tim berjuluk La Albiceleste itu di media sosial Twitter. Dalam cuitannya, Argentina akan melakoni tur di Asia pada FIFA Matchday Juni 2023.

Baca Juga:
Panggung Bintang Dunia, Total Hadiah Indonesia Open 2023 Tembus Rp20 Miliar

Adapun pertandingan melawan Timnas Indonesia akan digelar pada tanggal 19 Juni 2023, empat hari setelah Argentina menghadapi Australia di Beijing, China, pada tanggal 15 Juni 2023.

Jelang duel ini, ada fakta menarik di mana salah satu penggawa Timnas Indonesia, yakni Jordi Amat, akan bersua mantan lawannya dahulu, yakni Lionel Messi.

Baik Jordi Amat dan Messi diketahui pernah berduel saat keduanya masih bermain di Liga Spanyol atau La Liga beberapa tahun silam.

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia U-20 2023: Inggris Menang Tipis atas Tunisia, Korea Selatan Bikin Kejutan

Saat itu, pemain naturalisasi itu bermain bagi Espanyol dan Rayo Vallecano. Sedangkan Messi tercatat membela Barcelona.

Sama-sama berkarier di Liga Spanyol, kedua pemain ini pun terbilang rutin bertemu di atas lapangan dan saling berhadapan, mengingat posisi keduanya sebagai bek dan penyerang.

Lantas, bagaimana rekam jejak pertemuan Jordi Amat dengan Lionel Messi saat masih bermain di Spanyol? Berikut ulasannya.

Baca Juga:
Laga Timnas Indonesia vs Argentina Bisa Terealisasi, Begini Awal Mula Ceritanya

Hadapi Lionel Messi 5 Kali

Dalam perjalanan kariernya, Jordi Amat yang berkiprah di Liga Spanyol pernah berhadapan dengan Lionel Messi yang banyak menghabiskan kariernya di Barcelona.

Tercatat dalam kariernya di Liga Spanyol itu, Jordi Amat telah bertemu Messi sebanyak lima kali, masing-masing kala dirinya masih berseragam Espanyol dan Rayo Vallecano.

Baca Juga:
Elkan Baggott Asyik Liburan di Bali, Netizen: Santuy Dulu sebelum Kantongi Messi

Pertemuan pertama terjadi pada 2010 silam. Saat itu, Jordi Amat masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-64 dan Espanyol kalah 1-5 dari Barcelona lewat hattrick assist Messi.

Lalu pertemuan kedua terjadi di tahun 2011. Jordi Amat mampu menjadi starter di laga ini, walau Espanyol harus kalah dengan skor 0-2 dari Barcelona. Hanya saja, Messi tak bisa membuat gol atau assist.

Di pertemuan ketiga, Jordi Amat mampu membuat Messi tak berkutik, dan berhasil membawa Espanyol bermain imbang 1-1 melawan Barcelona pada 2012 lalu.

Di tahun yang sama, Jordi Amat kembali bersua Messi dengan Barcelona. Kali ini ia berseragam Rayo Vallecano dan harus menerima timnya tumbang dengan skor 0-5.

Pertemuan terakhir atau kelima terjadi pada 2019. Jordi Amat yang membela Rayo Vallecano kembali tumbang dari Barcelona dan Messi dengan skor 1-3.

Meski punya rekam jejak yang tak apik, Jordi Amat setidaknya punya pengalaman penting dalam menghadapi pemain sekelas Messi.

Hal ini pun akan sangat berguna baginya dan Timnas Indonesia saat menghadapi Argentina pada FIFA Matchday Juni 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More