Irwan Febri Rialdi
Ivar Jenner usai menjalani latihan perdana bersama Timnas Indonesia U-20 (PSSI)

Bolatimes.com - Pemain keturunan, Ivar Jenner, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) bersama satu pemain keturunan lainnya, Rafael Struick.

Kedua pemain keturunan itu mengambil sumpah pada Senin (22/5/2023) pagi WIB. Ivar Jenner dan Rafael Struick melakoni pengambilan sumpah WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham, Jakarta.

Dengan resmi menjadi WNI, maka Ivar Jenner bisa segera membela Timnas Indonesia. Terlebih, Shin Tae-yong dan Indra Sjafri punya sederet agenda menanti di depan.

Baca Juga:
Andai Dipanggil Timnas untuk Asian Games 2023, Rizky Ridho Janjikan Ini

Shin Tae-yong bakal dihadapkan dengan agenda FiFA Matchday, sedangkan Indra Sjafri bakal menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Hadirnya Ivar Jenner bisa menambah kekuatan bagi Timnas Indonesia, tapi di lain sisi bisa membuat pemain lokal kehilangan tempatnya di timnas. Siapa saja mereka?

1. Ricky Kambuaya

Baca Juga:
Terungkap, Ini Kata-kata Motivasi Rizky Ridho ke Pemain Timnas Indonesia U-22 saat Thailand Samakan Kedudukan

Ivar Jenner yang merupakan seorang gelandang tengah dan bisa beroperasi juga sebagai gelandang bertahan, berpotensi menggeser Ricky Kambuaya yang selama ini jadi andalan Shin Tae-yong.

Terlebih, performa Ricky Kambuaya dalam satu tahun ke belakang sedang menurun. Hal ini berpotensi membuatnya kehilangan tempat di timnas.

2. Rachmat Irianto

Baca Juga:
Ledekan FIFA Soal Timnas Indonesia vs Argentina: Bulan Depan Jadi Ga?

Rekan satu tim Kambuaya di Persib Bandung ini juga punya potensi kehilangan tempatnya di Timnas Indonesia karena punya posisi sama dengan Ivar Jenner.

Namun untuk Irianto, ia merupakan pemain yang bisa bermain di berbagai posisi sehingga berpotensi digeser oleh Shin Tae-yong ke pos berbeda jika dimainkan bersama Jenner.

3. Ananda Raehan

Baca Juga:
Imbas Dapat Medali yang Dibuang Jonathan Khemdee, Bocah Kamboja Bernasib Tak Terduga

Jika Ivar Jenner dipanggil oleh Indra Sjafri untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, maka Ananda Raehan berpotensi tergeser.

Pasalnya, Ananda Raehan juga bermain sebagai gelandang tengah dan bisa bermain sebagai gelandang bertahan, posisi yang sama dengan Ivar Jenner.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More