Husna Rahmayunita | Arief Apriadi
Pemain Timnas Indonesia U-22 selebrasi sujud syukur di SEA Games 2023. (YouTube/PSSI)

Bolatimes.com - Kesuksesan Timnas Indonesia U-22 menjuara SEA Games 2023 Kamboja meninggalkan sederet cerita menarik, salah satunya mengenai selebrasi sujud syukur.

Rupanya selebrasi sujud syukur menjadi populer di Kamboja. Bahkan, sampai ditirukan oleh anak-anak ketika bertanding sepak bola.

Hal itu diungkap oleh pelatih Timnas Indonesis U-22 Indra Sjafri ketika menjadi bintang tamu dalam podcast Close the Door di kanal YouTube Deddy Corbuzier dikutip pada Selasa (23/5/2023).

Baca Juga:
Persija Jakarta Bangga 2 Pemain Akademinya Bantu Timnas Indonesia U-22 Raih Medali Emas SEA Games 2023

Indra menjelaskan  selepas Timnas Indonesia U-22 juara SEA Games 2023, selebrasi sujud syukur nyatanya populer di tanah Kamboja.

Para anak-anak Kamboja mempraktikan hal itu ketika bermain bola di dekat kawasan hotel tempat Timnas Indonesia U-22 menginap sepanjang SEA Games 2023.

“Semua sekarang kan sujud syukur, kemarin di Kamboja ada masjid di samping hotel, ada anak-anak main bola, setelah kami juara, keesokan sorenya, saya datang semuanya sujud syukur, padahal mereka bukan Islam, tapi berdampak,” kata Indra Sjafri.

Baca Juga:
3 Klub Besar Liga Malaysia yang Cocok Dibela Ramadhan Sananta, Ada Selangor FC

Selebrasi sujud syukur yang nyaris selalu dilakukan para penggawa Timnas Indonesia U-22 sepanjang SEA Games 2023 memang sempat jadi sorotan.

Sikap Timnas Indonesia U-22 dengan bersujud pasca mengalahkan Thailand 5-2 di babak final pekan lalu mendapat pujian dari warganet Kamboja.

Video dari akun Tiktok @realmadridcambodiafan memperlihatkan aksi sujud syukur para pemain dan ofisial Timnas Indonesia usai kalahkan Thailand 5-2 lewat babak perpanjangan waktu.

Baca Juga:
3 Negara Asia yang Pernah Dibantai Argentina, Ada Tetangga Indonesia

Namun, warganet Kamboja dinilai salah paham terkait selebrasi tersebut. Mereka menganggap aksi sujud syukur Timnas Indonesia U-22 adalah cara untuk menghormati Kamboja sebagai tuan rumah.

"Indonesia tunduk pada rumput stadion kami, tidak seperti Thailand yang menghina kami. Anda pantas mendapatkan apa yang Anda lakukan," tulis caption pada narasi video.

Padahal, selebrasi sujud syukur merupakan cara Timnas Indonesia U-22 untuk berterima kasih kepada tuhan merujuk hasil positif yang diraih mereka selama berjuang di atas lapangan.

Baca Juga:
Belum 'Dilirik' Shin Tae-yong, Pemain Keturunan Ini Ingin Susul Jejak Ivar Jenner dan Rafael Struick

"Dari 2013, saya sudah kebiasaan, kalau dapat kenikmatan harus bersyukur, daripada pemain selebrasi buka baju, kartu kuning, lebih baik sujud syukur,” kata Indra Sjafri masih dalam podcast Close the Door.

"Memang secara hukum (agama) tak penuhi persyaratan, celana pendek, enggak wudhu, tapi kan bersyukur,” terangnya.

Load More