Arif Budi Setyanto
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-19, Ivar Jenner. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Dua pemain keturunan, Ivar Jenner dan Rafael Struick resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Mereka pun langsung membuat Kartu Tanpa Penduduk (KTP).

Nama Ivar Jenner dan Rafael Struick diproyeksikan untuk membela timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023. Meski ajang itu batal, kedua pemain ini tetap berhasrat menjadi WNI.

Hari ini, Senin (22/5/2023) Ivar dan Rafael resmi disumpah WNI. Dipantau dari kanal YouTube Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, keduanya tampak serius menjalani proses itu mengenakan setelan jas hitam, memakai dasi merah, dan peci.

Baca Juga:
Sukses Bareng Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023, Taufany Ungkap Ambisi Selanjutnya

Demi Tuhan yang Maha Esa saya berjanji melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing dan setia kepada Negara KJesatuan Republik Indonesia dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," kata pimpinan sumpah yang diikuti Ivar dan Rafael.

"Serta akan membelanya dengan sungguh-sungguh serta menjalankan kewajiban negara yang dibebankan kepada saya sebagai Warga Negara Indonesia dengan tulus ikhlas," imbuhnya.

Setelah menjalani sumpah WNI, keduanya pun langsung membuat KTP. Momen itu dibagikan oleh Hamdan Hamedan di Instagram.

Baca Juga:
Usai Bawa Timnas Indonesia U-22 Raih Medali Emas SEA Games 2023, Indra Sjafri Malah Diragukan Media Vietnam

Ivar Jenner dan Rafael Struick bikin KTP. (Instagram/hamdan.hamedan)

Tampak dua pemain keturunan tersebut berpose tegap dengan latar belakang merah. Ivar serta Rafael juga masih mengenakan outfit yang sama ketika menjalani sumpah WNI.

Adapun Ivar Jenner dan Rafael Struick bisa saja dilirik Shin Tae-yong untuk promosi ke tim senior yang bakal menjalani dua pertandingan di FIFA Matchday.

Mereka juga masih bisa dipakai oleh tim U-23 yang bakal menjalani Kualifikasi Piala Asia U-23 2023. Sebab, umur kedua pemain keturunan ini masih muda di bawah 23 tahun.

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia U-22 yang Mungkin Bisa Berkarier di Liga Kamboja setelah SEA Games 2023

Load More