Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Pemain keturunan, Rafael Struick jalani latihan pertama dengan timnas Indonesia U-20. (Instagram/rafaelstruick)

Bolatimes.com - Ivar Jenner dan Rafael Struick resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalani sumpah, Senin (22/5/2023). Keduanya pun bisa berseragam Timnas Indonesia.

Adapun agenda Timnas Indonesia U-23 terdekat yakni Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar pada 4-12 September mendatang.

Diprediksi, Ivar Jenner dan Rafael Struick bisa melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia U-22 pada kejuaraan tersebut.

Baca Juga:
Timnas Indonesia vs Argentina di FIFA Matchday Juni 2023, Media Vietnam Beri Respons Mengejutkan

Lakoni Sumpah WNI

Ivar Jenner merupakan pemain kelahiran Utrecht, Belanda, 10 Januari 2004. Pemain 19 tahun itu kini memperkuat Jong Utrecht, berposisi sebagai gelandang tengah.

Sedangkan Rafael Struick merupakan pemain kelahiran Leidschendam, Belanda. Penyerang sayap berusia 20 tahun ini kini memperkuat ADO Den Haag.

Baca Juga:
Argentina Konfirmasi Hadapi Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023, Sandy Walsh Syok

Keduanya mendapat rekomendasi dari Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Awalnya, ada tiga pemain keturunan yang diproyeksi membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 yakni Ivar Jenner, Rafael Struick dan Justin Hubner.

Namun, setelah Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, hanya dua pemain yang memutuskan untuk melanjutkan proses naturalisasi, sedangkan Justin Hubner batal.

Ivar Jenner dan Rafael Struick pun menjalani sumpah WNI untuk menuntaskan proses alih kewarganegaraan keduanya.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Jadi Negara ASEAN Kedua yang Ditantang Argentina di FIFA Matchday

Dipantau dari kanal YouTube Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ivar Jenner dan Rafael Struick nampak serius menjalani proses demi proses menuju WNI. Keduanya mengenakan setelan jas hitam, memakai dasi merah, dan peci.

"Demi Tuhan yang Maha Esa saya berjanji melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing dan setia kepada Negara KJesatuan Republik Indonesia dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," kata pimpinan sumpah yang diikuti Ivar dan Rafael.

"Serta akan membelanya dengan sungguh-sungguh serta menjalankan kewajiban negara yang dibebankan kepada saya sebagai Warga Negara Indonesia dengan tulus ikhlas," imbuhnya.

Baca Juga:
Duel Timnas Indonesia vs Argentina, Media Malaysia Soroti Satu Hal yang Bikin Ketar-ketir

Load More