Irwan Febri Rialdi
CEK FAKTA: Thailand bakal tanding lagi dengan Indonesia setelah dikalahkan 5-2 di SEA Games 2023? (Screenshot YouTube)

Bolatimes.com - Sebuah kanal YouTube yaitu Warta Informasi membuat sebuah video dengan narasi yang menyebut Thailand ingin tanding ulang dengan Timnas Indonesia U-22.

Keinginan tim Gajah Perang ini untuk melakukan rematch disebut karena mereka kalah dari Timnas Indonesia U-22 pada laga puncak SEA Games 2023.

Seperti yang diketahui, skuad Garuda Muda arahan Indra Sjafri berhasil mengalahkan Thailand U-22 pada final SEA Games 2023 dengan skor 5-2.

Baca Juga:
Malaysia Masters 2023 Mulai Besok, Indonesia Incar Hasil Terbaik

Nah, di kanal YouTube akun bernama Warta Informasi, mereka mengunggah video berjudul "Lawak || Thailand Ngajak Rematch".

Diunggah pada Minggu (21/5/2023), kalimat di thumbnail adalah "NGAJAK TANDING ULANG THAILAND AUTO JADI BAHAN EJEKAN".

Penjelasan

Baca Juga:
AFA Umumkan Argentina Lawan Timnas Indonesia 19 Juni usai Hadapi Australia

Video yang berdurasi 5 menit 19 detik itu dibuka dengan cuplikan wawancara salah satu pemain Thailand.

Kemudian video dilanjutkan dengan narasi yang menyebut bahwa Thailand tidak mau kalah dengan skor 1-2, sehingga diberi kekalahan 2-5 oleh Indonesia.

Video kemudian dilanjutkan dengan pernyataan Ketua Umum PSSI mengenai persiapan Timnas Indonesia di SEA Games 2023 kemarin.

Baca Juga:
3 Wanita Cantik yang Viral Sepanjang Gelaran SEA Games 2023, Satu Dilirik Marselino Ferdinan

Dilanjutkan dengan ucapan selamat dari Presiden Jokowi dan video arak-arakan menyambut Timnas Indonesia.

Video tersebut juga berisi tentang video penyambutan para atlet peraih medali di SEA Games 2023, termasuk para pemain Timnas Indonesia U-22.

Narator juga membacakan skrip bahwa kemenangan Timnas U-22 Indonesia di ajang SEA Games 2023 di cabor sepak bola adalah pertama kalinya setelah 32 tahun.

Baca Juga:
Pemain Keturunan Indonesia Cetak Hattrick Bersama Klub Belanda, PSSI Gak Tertarik Naturalisasi Nih?

Kesimpulan

Dari olah data dan fakta yang dilakukan Bolatimes, video berjudul “Lawak || Thailand Ngajak Rematch”, tidak memiliki kesamaan konteks dengan isi dan judul.

Oleh karena itu, video tersebut termasuk dalam kategori berita bohong atau hoaks. Terlebih, tidak ada pernyataan resmi mengenai pertandingan ulang Timnas Indonesia vs Thailand.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More