Rauhanda Riyantama
Manajer Timnas Thailand U-22, Yutthana Yimkarun. (Twitter)

Bolatimes.com - Buntut kerusuhan di final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 melawan Thailand, Selasa (16/5/2023) Yuttahana Yimkarun memilih mundur dari jabatannya.

Yutthana Yimkarun selaku manajer Timnas Thailand U-22 memilih mundur dari jabatannya sebagai bentuk pertanggungjawaban atas tawuran antarstaf tim di final SEA Games 2023.

Final SEA Games 2023 digelar di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja berakhir dengan skor 5-2 untuk kemenangan Indonesia atas Thailand.

Baca Juga:
Gantikan Indra Sjafri, Erick Thohir akan Datangkan Direktur Teknik dari Eropa

Pertandingan yang berlangsung selama 120 menit itu diwarnai kericuhan yang melibatkan kedua kubu, tak hanya antarpemain tetapi juga staf kedua tim.

SEA Games 2023 pun terdampak citra buruk dari tawuran besar dua kubu kekuatan sepak bola ASEAN ini, banyak kecaman yang datang.

Tak terkecuali untuk kubu Thailand, skuad Gajah Perang sendiri sangat terlunta-lunta di laga final tersebut dengan menyisakan 8 pemain setelah diganjar 3 kartu merah.

Baca Juga:
Perbandingan Statistik Penampilan Timnas Indonesia saat Raih Medali Emas di SEA Games 1987, 1991 dan 2023

Yutthana Yimkarun tak butuh waktu lama mengambil keputusan itu, dua hari berselang laga final SEA Games 2023 ia memutuskan mundur dari jabatannya.

"Big Yim Yuttana Yimkarun mengundurkan diri dari jabatan direktur timnas Thailand U-23 untuk bertanggung jawab atas keributan di final SEA Games ke-32 di Kamboja," bunyi laporan Khasod.

"Surat pengunduran diri telah dikirimkan kepada Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand tertanggal 18 Mei.''

Baca Juga:
Hasil Piala Sudirman 2023: Dikalahkan China 3-0, Indonesia Tersingkir di Perempat Final

"Dalam surat tersebut Yimkarun menuliskan bahwa insiden keributan Indonesia vs Thailand dianggap sebagai citra buruk bagi sepak bola internasional.''

"Saya sebagai manajer harus bertanggung jawab mengendalikan tim saat bertanding. Karena itu saya meminta izin untuk mengundurkan diri dari manajer tim, efektif mulai hari ini dan seterusnya," imbuh mereka.

Tak banyak informasi yang bisa didapat dari sosok yang akrab disapa Big Yim, namun ia memiliki jabatan startegis di Federasi Sepak Bola Thailand (FAT).

Baca Juga:
Daftar Susunan Pemain Timnas Indonesia saat Raih Medali Emas di SEA Games 1991

Yutthana Yimkarun merupakan salah satu dari empat wakil presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) tepat di bawah Somyot Poompanmoung selaku Presiden FAT.

Meskipun ia mundur dari jabatan sebagai manajer Timnas Thailand U-22, hal itu tak berpengaruh terhadap statusnya.

Kontributor: Eko
Load More