Husna Rahmayunita
Eks Tira Persikabo Petteri Pennanen. (Instagram/@pettepennanen)

Bolatimes.com - Kisah menyedihkan Petteri Pennanen, pesepak bola asal Finlandia yang merasa tak memiliki harapan berkarier di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Nyaman bermain di Indonesia setelah menyelesaikan musim kompetisi Liga 1 2020 bersama Tira Persikabo, kenyataan pahit menampar Petteri Pennanen.

Hal itu bahkan sampai diceritakan Petteri ke media Finlandia, harapan untuk bermain di Liga Indonesia dirasa sudah tertutup baginya.

Baca Juga:
Media Spanyol Salahkan Keputusan Wasit yang Rugikan Timnas Indonesia U-22, Picu Keributan di Final SEA Games 2023

Di musim Liga 1 2020 Petteri sebenarnya dimainkan penuh oleh Tira Persikabo, sayangnya di musim berikutnya justru menganggur karena pandemi Covid-19.

Sebenarnya Petteri sempat menunggu kepastian kapan kompetisi berlanjut, di saat ia tak bisa bertanya mengingat kondisi yang tengah terjadi.

Ditambah imbauan Pemerintah Indonesia agar masyarakat Tanah Air hanya melakukan aktivitas sehari-hari di kediaman atau rumah saja.

Baca Juga:
Bibir Bagas Kaffa Robek saat Lawan Thailand, dr Tompi Tawarkan Operasi Gratis

Tak lama setelah itu, Petteri memboyong seluruh keluarganya ke Finlandia dari Jakarta karena sempat merasa khawatir.

Hal itu diungkapkan Petteri kepada salah satu media Finlandia, MTV Uutiset dan sempat menceritakan bagaimana kekhawatirannya.

"Belum ada kesepakatan yang dicapai dengan klub, tapi sepertinya saya bisa pergi sekaran," ucap Petter Pennanen.

Baca Juga:
Tak Pernah Tampil di Klub Yunani, Bagus Kahfi Resmi Pulang Indonesia Gabung Barito Putera

"Saya akhirnya memesan tiketnya dan kami akan segera berangkat," imbuhnya.

Mirisnya, saat Petteri membutuhkan dukungan ia bahkan harus mengeluarkan dana pribadi untuk pulang ke Finlandia dari Jakarta.

Dana tersebut dipakai untuk memberangkatkan seluruh keluarganya ke Finlandia pada April 2020, di saat yang sama PSSI memberi respons.

Baca Juga:
Eks Bos FK Senica Tertarik Bawa Pemain Timnas Indonesia U-22 ke Eropa usai Raih Medali Emas di SEA Games 2023

PSSI mengumumkan telah menetapkan gelaran Liga 1 2020 pada Oktober, namun bagi Petteri waktu untuk menunggu dirasa sudah terlalu lama.

Petteri merasa ditipu, ia padahal sudah menerima pemotongan gaji sebesar 75 persen sebagai dampak dari adanya pandemi Covid-19.

Meskipun saat itu Petteri mengaku tidak sudah dengan keputusan tersebut, namun ia mencoba tak mempermasalahkannya.

Hal itu dilakukan sebagai wujud rasa sadar Petteri akan bahaya pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia dan dunia saat itu.

"Gaji saya datang tepat waktu di bulan Januari dan Februari. Gaji bulan Maret masuk ke rekening saya dengan potongan 75 persen," ujar Petteri.

Saat ini Petteri bermain untuk FC Ilves di Liga Finlandia, sebelumnya bermain untuk klub lamanya yakni Kuopion Palloseura.

Ia sempat dipinjamkan ke Sacramento sebelum pulang ke kampung halamannya membela klub lokal setempat.

Kontributor: Eko
Load More