Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia U-22 Ramadhan Sananta (kedua kanan) berebut bola di udara dengan pesepak bola Timnas Thailand Jonathan Khemdee (kanan) saat pertandingan Final Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa.

Bolatimes.com - Federasi sepak bola Thailand (FAT) meminta maaf atas insiden keributan yang terjadi pada laga kontra Timnas Indonesia di final SEA Games 2023 lawan T yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Final SEA Games 2023 yang mempertemukan Timnas Indonesia U-22 versus Thailand jadi perhatian dunia lantaran diwarnai adu jotos di tengah laga.

PSSI-nya Thailand meminta maaf atas keributan yang melibatkan pemain dan ofisial timnas mereka dan akan membentuk komite untuk menyelidiki kasus tersebut.

Baca Juga:
Jadwal Final Liga Champions 2022--2023: Manchester City vs Inter Milan

"Asosiasi Sepak Bola Thailand ingin menyampaikan permintaan maaf atas insiden yang terjadi selama pertandingan final SEA Games melawan timnas Indonesia, 16 Mei 2023.

"Kami akan mengirimkan surat permintaan maaf resmi kepada asosiasi sepak bola Indonesia dan bersedia menerima segala saran guna meningkatkan kinerja dan mencegah kejadian serupa terulang kembali," tulis FA Thailand di laman resmi federasi, Rabu (17/5/2023).

Kronologi keributan

Baca Juga:
Bantai Real Madrid, Manchester City Lawan Inter Milan di Final Liga Champions

Duel Timnas Indonesia U-22 vs Thailand berakhir dengan skor 5-2 untuk kemenangan Garuda Muda. Timnas U-22, unggul terlebih dahulu 2-0 melalui brace Ramadhan Sanantha (21, 45+6) disamakan kedudukannya 2-2 oleh Thailand melalui Anan Yodsangwal (65') dan Yotsakorn Burapha (90+10').

Setelah Yotsakorn Burapha mencetak gol penyama kedudukan, tim ofisial pelatih Thailand berselebrasi dengan berlari ke arah tim ofisial pelatih Indonesia.

Bahkan di antara mereka secara sengaja menabrak pemain Indonesia Alfreandra Dewangga yang tengah berdiri di pinggir lapangan.

Baca Juga:
Bikin Haru! Adi Satryo Tak Bisa Temani Istri saat Lahiran, Dibayar Tuntas dengan Persembahkan Medali Emas

Pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu setelah tim imbang. Di sinilah, keributan terjadi.

Irfan Jauhari menambah keunggulan Indonesia pa menit ke-92, tiba-toba beberapa tim pelatih Thailand mendatangi staf pelatih Indonesia.

Manajer timnas Indonesia Kombes Pol. Sumardji yang pada saat itu berusaha melerai justru jadi korban hingga jatuh tersungkut.

Baca Juga:
Jauh Sebelum Insiden Pukul Komang Teguh di SEA Games 2023, Kiper Soponwit Rakyart Pernah Lakukan Aksi Brutal

Kiper Thailand Soponwit Rakyart datang di kerumunan dan melepaskan tendangan ke arah bek timnas Komang Teguh hingga menyebabkan keduanya adu jotos dan diganjar kartu merah.

Setelah kejadian itu, laga dilanjutkan dan Indonesia berhasil mengukuhkan kemenangan lewat sepakan Fajar Fathurahman (107'), dan Beckham Putra (120+1).

Timnas Indonesia memastikan medali emas SEA Games setelah penantian lama sepanjang 32 tahun seusai mengandaskan permainan Thailand, 5-2.

(Antara)

Load More