Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri menggigit medali emas SEA Games 2023. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, sukses mempersembahkan medali emas SEA Games 2023. Dia menjadi juru taktik lokal kedua sepanjang sejarah sepak bola Indonesia yang sukses meraih prestasi tersebut.

Keberhasilan Indra Sjafri menjadi pelatih lokal kedua yang mempersembahkan medali emas SEA Games ini dipastikan setelah Timnas Indonesia U-22 menumbangkan Thailand di partai final.

Tampil di hadapan puluhan ribu penonton di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja pada Selasa (16/5/2023), skuad Garuda Muda sukses menang secara dramatis dengan skor 5-2.

Baca Juga:
Viral Aksi Jonathan Khemdee Lempar Medali Perak ke Arah Penonton, Ngamuk Usai Dikalahkan Timnas Indonesia

Indonesia sempat unggul dengan skor 2-1 hingga menit akhir pertandingan sebelum berhasil disamakan Thailand pada menit injury time. Skor 2-2 pun membuat laga harus berlanjut ke babak tambahan.

Sempat diwarnai tawuran antarofisial klub dan pemain hingga berbuah enam kartu merah, Timnas Indonesia U-22 pada akhirnya keluar sebagai pemenang.

Kemenangan ini diraih lewat tambahan tiga gol yang tercipta pada babak tambahan waktu lewat aksi Irfan Jauhari, Fajar Fathur Rahman dan Beckham Putra menutup perlawanan Thailand yang bermain dengan 8 pemain di akhir laga.

Baca Juga:
Tak Disangka, Manchester United Berikan Respons Tak Terduga usai Timnas Indonesia U-22 Juara SEA Games 2023

Dengan keberhasilan ini, Indra Sjafri sukses mencatatkan sejarah baru. Sebab, dia menjadi pelatih lokal kedua yang berhasil mempersembahkan medali emas SEA Games untuk Indonesia.

Bertje Matulapelwa, mantan pelatih Timnas Indonesia di SEA Games 1987. (Istimewa)

Pencapaian ini tentu menyamai torehan yang berhasil dicatatkan oleh Bertje Matulapelwa saat membawa anak asuhnya meraih medali emas SEA Games 1987.

Sebagai informasi, keberhasilan Bertje Matulapelwa membawa Indonesia juara SEA Games 1987 ini menjadi raihan medali emas pertama sepanjang sejarah.

Baca Juga:
Jadwal Semifinal Liga Champions Malam Ini: Duel Sengit Manchester City vs Real Madrid

Setelah menemani Thailand lolos ke fase gugur, Indonesia sukses menggasak Myanmar 4-1 di semifinal. Pada fase puncak, skuad Merah Putih berhasil menggilas Malaysia dengan skor 1-0 untuk membalaskan dendam pada edisi sebelumnya.

Medali emas pertama yang diraih Timnas Indonesia pada SEA Games 1987 ini memang tak diraih secara mudah. Sebab, Bertje harus bisa menggabungkan dua kubu pemain Indonesia yang berkarier di dua kompetisi yang berbeda, yakni Perserikatan dan Galatama.

Oleh karena itu, catatan yang sukses diukir oleh Bertje Matulapelwa dan Indra Sjafri ini sangat luar biasa karena membuktikan bahwa tangan dingin pelatih lokal bisa mempersembahkan medali emas.

Baca Juga:
Profil Soponwit Rakyart, Kiper Thailand U-22 yang Bogem Komang Teguh Trisnanda

Sebab, satu-satunya pelatih lain yang bisa mencapai prestasi serupa hanyalah Anatoli Polosin, juru taktik berkebangsaan Rusia yang berhasil mengantarkan skuad Merah Putih meraih medali emas SEA Games 1991.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More