Husna Rahmayunita
Kiper Thailand U-22 Soponwit Rakyart. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Nama Soponwit Rakyart tengah menjadi perbincangan banyak orang di media. Kiper Thailand U-22 ini pamer aksi Muay Thai terhadap pemain Timnas Indonesia U-22 Komang Teguh Trisnanda.

Soponwit Rakyart menjadi sorotan di laga final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 melawan Thailand pada Selasa (16/5/2023).

Laga sempat ricuh saat memasuki babak tambahan waktu, tepat ketika Timnas Indonesia U-22 kembali unggul atas Vietnam lewat gol Irfan Jauhari.

Baca Juga:
PSSI Pamer Momen Pemain Timnas Indonesia U-22 Tidur dengan Medali Emas, Media Thailand Ungkap Reaksi Tak Terduga

Kericuhan terjadi tepat di saat Jauhari melakukan selebrasi, di mana ofisial kedua tim ternyata tengah baku hantam dan melibatkan para pemain.

Dalam video yang beredar di media, diperlihatkan aksi Soponwit Rakyart yang mengincar Komang Teguh di saat yang lain disibukan dengan kericuhan.

Tak disangka, Soponwit Rakyart ternyata ingin memberi Komang Teguh bogem mentah meskipun sempat dihindari gelandang Timnas Indonesia U-22 itu.

Baca Juga:
Raih Medali Emas SEA Games 2023, Pemain Timnas Indonesia U-22 akan Diarak dari Depan Istana Presiden

Aksi keduanya bahkan terlihat Kassem Matar Al-Hatmi selaku wasit yang memimpin jalannya pertandingan, al hasil keduanya diganjar kartu merah.

Profil Soponwit Rakyart

Usianya masih 20 tahun, tapi pemuda kelahiran 25 Januari 2001 sudah menjadi kiper andalan di Muangthong United meski di level junior saat awal meniti karier.

Baca Juga:
Sambil Menangis, Ofisial Thailand yang Pukul Manajer Timnas Indonesia U-22 Sampaikan Minta Maaf Langsung

Soponwit mendapatkan kontrak pertama bersama Muangthong United pada Desember 2019, memiliki postur 180 cm tentu membuatnya lihai dalam duel bola-bola udara.

Meski begitu, Soponwit sering menjadi pemain pinjaman ke beberapa klub lain seperti Ayutthaya FC, Ayuthaya United FC dan Phrae United.

Nama-nama klub ini memang cukup asing, karena memang bukan anggota kompetisi kasta tertinggi Liga Thailand, melainkan di bawahnya.

Baca Juga:
Momen Marselino Ferdinan Coba 'Goda' Gadis Kamboja: Tahu Aja yang Cantik

Di musim 2022-2023, Soponwit mencatat 20 penampilan dengan 7 cleansheet dan 25 kali kebobolan di Liga 2 Thailand.

Kariernya yang melejit di kompetisi kasta kedua Thailand membuat Soponwit dilirik Issara Sritaro yang kemudian memanggilnya ke Timnas Thailand U-22.

Berikut Biodata Singkat Soponwit.

Nama: Soponwit Rakyart

Kebangsaan: Thailand

Tanggal Lahir: 25 Januari 2001

Usia: 22 tahun

Tinggi badan: 180 cm

Klub saat ini: Phrae United FC

Kontributor: Eko
Load More