Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri menunjukkan medali emas dan maskot SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). ANTARA/Bayu Kuncahyo

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri menjadi perbincangan menyusul kemenangan skuadnya di final SEA Games 2023. Torehan ini menjadi prestasi tersendiri bagi Direktur PSSI tersebut.

Indra Sjafri layak disanjung setelah membawa Timnas Indonesia U-22 menyabet medali emas SEA Games 2023 dengan mengalahkan Thailand, Selasa (16/5).

Bertanding di Olympic Stadium, tim berjuluk skuad Garuda Muda ini berhasil mengandaskan perlawanan rivalnya itu dengan skor 5-2.

Baca Juga:
Kontroversi Gol Kedua Ramadhan Sananta ke Gawang Thailand Disahkan Wasit, Begini Penjelasannya

Timnas Indonesia U-22 sempat unggul 2-0 di babak pertama lewat dua gol Ramadhan Sananta. Namun keunggulan ini mampu disamakan Thailand lewat Anan Yodsangwal dan Yotsakon Burapha di babak kedua.

Hasil imbang 2-2 membuat laga berlanjut ke babak Extra Time atau tambahan waktu. Di babak ini, tim Merah Putih berhasil menambah tiga gol untuk mengunci kemenangan.

Adapun tiga gol penentu kemenangan Timnas Indonesia U-22 di final SEA Games 2023 itu dicetak oleh Irfan Jauhari, Fajar Fathur Rahman, dan Beckham Putra.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Thailand di Final SEA Games 2023

Berkat tiga gol di masa Extra Time itu, Timnas Indonesia U-22 pun berhak membawa pulang medali emas, yang sekaligus mengakhiri penantian selama 32 tahun lamanya.

Sebagai informasi, terakhir kali Indonesia meraih medali emas di cabor sepak bola putra SEA Games terjadi pada tahun 1991 silam.

Tak ayal, prestasi ini membuat nama Indra Sjafri selaku pelatih dielu-elukan. Apalagi jika menilik fakta bahwa dirinya sudah tiga kali memberi gelar juara untuk Timnas Indonesia di level ASEAN atau Asia Tenggara.

Baca Juga:
SEA Games 2023: Pemain Timnas Indonesia U-22 Tidur Nyenyak usai Duel Panas Kalahkan Thailand

Tiga Gelar Indra Sjafri untuk Indonesia

Medali emas SEA Games 2023 menjadi gelar ketiga yang disumbangkan Indra Sjafri saat berstatus pelatih tim nasional kelompok umur.

Sebelum meraih medali emas SEA Games 2023 bersama Timnas Indonesia U-22, pria yang juga berstatus Direktur Teknik PSSI ini pernah memberikan dua gelar lainnya.

Baca Juga:
Pelatih Thailand Akui Gol Kedua Timnas Indonesia U-22 yang Dicetak Ramadhan Sananta Sah, Tapi.....

Gelar pertamanya adalah Piala AFF U-19 pada tahun 2013 lalu, saat Indra Sjafri menukangi Evan Dimas dkk pada ajang yang digelar di Indonesia tersebut.

Saat itu, nama Indra Sjafri belum terbilang tenar sebagai pelatih. Tapi ia berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 menjadi kampiun Piala AFF U-19 2013 dengan mengalahkan Vietnam lewat adu penalti.

Prestasi ini pun berlanjut di Piala AFF U-22 2019 yang digelar di Kamboja. Saat itu Indra Sjafri lagi-lagi memberikan gelar juara untuk Merah Putih.

Di final Piala AFF U-22 2019, Indra Sjafri yang menukangi Osvaldo Haay dkk mampu mengalahkan Thailand di final dan berhak meraih trofi.

Terakhir, Indra Sjafri memberikan gelar lainnya berupa medali emas di SEA Games 2023, yang jadi gelar juara ketiganya bersama timnas kelompok umur.

Dengan prestasi-prestasi itu, sah-sah saja untuk menyebut Indra Sjafri merupakan salah satu pelatih lokal terbaik untuk Timnas Indonesia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More