Rauhanda Riyantama
PSM Makassar juara BRI Liga 1 2022/2023. (Instagram/@psm_makassar)

Bolatimes.com - PT LIB telah resmi merilis regulasi baru di Liga Indonesia musim 2023/2024. Salah satunya soal bertambahnya kuota pemain asing yang mulai berlaku musim depan.

Selain itu, PT LIB juga mewajibkan setiap tim memainkan setidaknya satu pemain dalam starting line up yang merupakan U-23.

Kemudian, sistem kompetisi di musim berikutnya sama seperti sebelumnya, yaitu diikuti 18 klub dan sistem home and away.

Baca Juga:
Link Live Streaming Vietnam vs Myanmar, Perebutan Medali Perunggu SEA Games 2023

Hanya saja, nantinya empat peringkat teratas akan bersaing kembali memperebutkan gelar juara. Sistem ini bernama babak Championship Series. 

Sistemnya nanti adalah knock-out dan dimainkan dalam dua leg, home and away. Berikut ini adalah regulasi Liga 1 musim depan.

(a) Kuota maksimal pemain per klub maksimal 35 pemain, dengan ketentuan batas usia pemain minimum kelahiran 1 Juli 2006.

Baca Juga:
Jadi Pelatih Baru RANS Nusantara FC, Eduardo Almeida: Saya Janji Lakukan yang Terbaik Tiap Hari

(b) Kewajiban memainkan pemain minimal 1 (satu) pemain U23 (kelahiran maksimal 1 Juli 2001 dalam starting XI dengan durasi bermain minimal 45 (empat puluh lima) menit, jika pemain tersebut digunakan untuk TIMNAS maka penggantinya diperbolehkan menggunakan pemain lainnya yang sudah terdaftar pada Klub.

c) Kuota pemain asing yang didaftarkan sebanyak 5 (asing bebas) + 1 (anggota ASEAN) dan seluruhnya dapat dimainkan dalam setiap pertandingan;

d) Periode Transfer Matching System (TMS):

Baca Juga:
Piala Sudirman 2023: Perkasa Tumbangkan Jerman, Indonesia ke Perempat Final

Periode I: 12 Juni–3 September 2023

Periode II: 1-28 November 2023

e) Khusus untuk kompetisi Liga 1, baik pendaftaran pemain lokal dan asing untuk didaftarkan dalam LIAS akan ditutup pada tanggal 20 Juli 2023.

Baca Juga:
Akui Kelebihan Timnas Indonesia U-22, Pelatih Thailand Waspadai 2 Faktor Ini di Final SEA Games 2023

Load More