Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-22 Fajar Fathur Rahman. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Sejumlah nama pemain yang menjadi andalan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 sebetulnya sudah pernah merasakan pengalaman indah menumbangkan Thailand di partai final.

Tentu saja, pengalaman para pemain Timnas Indonesia U-22 ini akan sangat berharga saat Garuda Muda menantang Thailand di final SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023).

Pasalnya, ada lima nama pemain di skuad Garuda Muda saat ini yang sudah merasakan manisnya keberhasilan mengalahkan Thailand di partai final. Momen ini terjadi di berbagai level kelompok usia.

Baca Juga:
Pemain Thailand Songchai Thongcham Mendadak Matikan Kolom Komentar Instagram, Takut Digeruduk Netizen Indonesia?

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima nama pemain yang memiliki pengalaman indah menumbangkan Thailand di partai final.

1. Fajar Fathur Rahman

Pemain pertama di skuad Timnas Indonesia U-22 yang pernah merasakan kemenangan pada laga final melawan Thailand ialah Fajar Fathur Rahman. Momen itu terjadi pada final Piala AFF U-16 2018.

Baca Juga:
Jelang Lawan Thailand, Witan Sulaeman Jadi Satu-Satunya Pemain Timnas Indonesia U-22 yang Pernah Hadapi Final SEA Games

Menariknya, Fajar menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia U-16 yang saat itu mencetak gol di waktu normal. Pada laga ini, dia bermain sejak menit ke-16 saat menggantikan Amanar Abdillah yang cedera.

2. Komang Teguh

Komang Teguh juga menjadi salah satu pemain asuhan Fakhri Husaini di skuad Timnas Indonesia U-16 yang sukses menggulung Thailand di partai final Piala AFF U-16 2018.

Baca Juga:
SEA Games 2023: Hajar Wakil Malaysia, Rehan/Lisa Persembahkan Emas untuk Indonesia

Ketika itu, Komang bermain full selama 2x45 menit plus 2x15 menit babak tambahan waktu saat Indonesia menang atas Thailand. Komang berduet dengan Fadhilah Nur Rahman di posisi bek tengah.

3. Ernando Ari Sutaryadi

Kemenangan Timnas Indonesia U-16 atas Thailand di final Piala AFF U-16 2018 saat itu juga tak terlepas dari peran krusial Ernando Ari Sutaryadi yang menjadi penjaga gawang.

Baca Juga:
Jelang Final SEA Games 2023, Witan Sulaeman Sudah Ditunggu Rekor Baru, Apa Itu?

Sebab, meski kebobolan satu gol pada waktu normal, Ernando tetap sukses menepis dua eksekusi pemain Thailand pada babak adu penalti.

4. Bagas Kaffa

Selanjutnya, ada nama Bagas Kaffa yang juga pernah mencatat pengalaman yang sama. Ketika itu, Bags bermain sebagai bek kanan yang tampil penuh selama 2x45 menit dan 2x15 menit babak tambahan waktu.

Bagas pun sukses membantu pertahanan skuad Timnas Indonesia U-16 yang menahan imbang 1-1 selama waktu normal dan tambahan waktu.

5. Witan Sulaeman

Berbeda dengan empat nama di atas, Witan Sulaeman pernah membawa TImnas Indonesia U-22 meraih kemenangan atas Thailand, tepatnya pada kejuaraan Piala AFF U-22 2019.

Ketika itu, dia bermain sebagai pemain starter dan digantikan pada menit ke-71 oleh Rachmat Irianto. Pada pertandingan ini, Garuda Muda asuhan Indra Sjafri sukses menang dengan skor 2-1 atas Thailand.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More