Rauhanda Riyantama
CEK FAKTA: Dikalahkan Timnas Indonesia, Philippe Troussier Langsung Dipecat Vietnam. (Youtube/@kreatorbola)

Bolatimes.com - Beredar informasi bahwa Philippe Troussier dipecat Vietnam usai menelan kekalahan dari Timnas Indonesia U-22 di semifinal SEA Games 2023. Benarkah?

Informasi tersebut diedarkan lewat video yang diunggah oleh kanal YouTube Kreator Bola, yang menyebutkan bahwa pelatih asal Prancis itu dipecat dari kursi kepelatihannya dan dipulangkan paksa ke Prancis.

Informasi itu terlihat dari Thumbnail video yang diunggahnya dan judul bombastis yang digunakan untuk video unggahannya tersebut.

Baca Juga:
3 Pertemuan Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di Final SEA Games, Garuda Muda Kalah Tipis

“LANGSUNG DIPECAT!! FEDERASI VIETNAM MALU KEMBALI JADI TIM IWAK USAI DIBANTAI INDONESIA,” bunyi judul unggahan Kreator Bola.

Dalam pantauan Bolatimes.com, video tersebut diunggah pada hari Minggu (14/5), atau sehari setelah laga Indonesia vs Vietnam di semifinal SEA Games 2023.

Hingga artikel ini dibuat pada Senin (15/5) siang WIB, video Kreator Bola itu telah ditonton sebanyak 2 ribu kali lebih.

Baca Juga:
Kisah Anatoli Polosin, Pelatih Asal Rusia yang Bawa Timnas Indonesia Sabet Medali Emas di SEA Games 1991

PENJELASAN

Dalam video berdurasi 3 menit 3 detik itu, Kreator Bola membuka video dengan narasi kesuksesan Timnas Indonesia U-22 melangkah ke final SEA Games 2023 usai mengalahkan Vietnam.

Narasi pun dilanjutkan dengan puja-puji untuk Timnas Indonesia U-22, salah satunya dari Philippe Troussier selaku pelatih Timnas Vietnam.

Baca Juga:
Park Hang-seo Kena Ledek Media Malaysia saat Laga Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam, Ini Dia Sebabnya

Kreator Bola mengklaim bahwa Troussier menyebutkan Timnas Indonesia U-22 merupakan kekuatan berharga di Asia Tenggara dan menunjukkan perkembangan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Lalu Kreator Bola membuat narasi federasi Vietnam tak akan tinggal diam usai melihat timnya tumbang dari Timnas Indonesia U-22 di semifinal SEA Games 2023.

Sang narator menyebutkan jika bisa saja federasi Vietnam kembali melobi Park Hang-seo untuk kembali menjadi pelatih dan membuat tim muda serta senior lebih moncer lagi.

Baca Juga:
Usai Sabet Emas SEA Games 2023, Muhammad Rifqi Fitriadi Enggan Sesumbar Target di Asian Games

Apalagi video tersebut memaparkan bahwa Philippe Troussier pernah disingkirkan oleh Timnas Indonesia di Piala Asia kala dirinya menukangi Qatar.

KESIMPULAN

Melihat dari thumbnail, judul, serta isi video tersebut, dapat disimpulkan bahwa informasi yang diedarkan oleh Kreator Bola tak sesuai dengan fakta di lapangan.

Dalam Thumbnail dan judul video tersebut, Kreator Bola menyebutkan bahwa Philippe Troussier langsung dipecat oleh Vietnam setelah kalah dari Timnas Indonesia U-22.

Namun isi video tersebut tak mengabarkan sama sekali pemecatan tersebut, dan hanya menduga-duga bahwa federasi Vietnam bisa saja melobi Park Hang-seo untuk kembali melatih.

Selain itu, tak ada kabar mengenai pemecatan Philippe Troussier sama sekali, setelah Vietnam dikalahkan Timnas Indonesia U-22 di semifinal SEA Games 2023.

Apalagi jika melihat fakta bahwa Vietnam masih akan bertanding di SEA Games 2023 melawan Myanmar untuk memperebutkan posisi ketiga atau medali perunggu pada Selasa (16/5).

Berdasarkan Thumbnail, judul, serta isi video yang diunggah kanal YouTube Kreator Bola ini, maka informasi yang diberikan masuk dalam kategori hoaks karena tak sesuai fakta yang ada.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More