Husna Rahmayunita
Irfan Bachdim dan kawan-kawan saat membela Timnas Indonesia. (Antara)

Bolatimes.com - Jelang duel di fase grup Piala Asia 2023, kenang kembali pertemuan Timnas Indonesia melawan Irak kali terakhir terjadi pada 2015.

Saat itu Timnas Indonesia tengah berjuang mendapatkan tempat di putaran final Piala Asia 2015, sayangnya gagal karena Irak.

Tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 20 November 2023, Timnas Indonesia yang saat itu diasuh Jacksen F Tiago kalah 0-2 dari Irak.

Baca Juga:
Pratama Arhan Absen di Final SEA Games 2023, Indra Sjafri Sebut Haykal Alhafiz Jadi Penggantinya

Sundulan Hammadi Ahmed dan sepakan penalti Kerrar Jasim membuat langkah skuad Garuda ke putaran final Piala Asia 2023 terhenti.

Menariknya dua gol tersebut tercipta dalam rentan waktu empat menit, pertahanan Indonesia yang digawangi M.Roby benar-benar diobrak-abrik pemain lawan.

Tahun tersebut memang cukup membingungkan bagi penggemar sepak bola Tanah Air, medio 2012-2014 skuad Garuda gonta-ganti pelatih sebanyak 6 kali.

Baca Juga:
Pelatih Thailand Tak Kaget Timnas Indonesia U-22 Kalahkan Vietnam di SEA Games 2023

Dimulai dari Aji Santoso yang menukangi Timnas Indonesia pada 2012, setahun kemudian kendali dipegang Nil Maizar.

Tak sampai tahun 2013 berakhir, pelatih Timnas Indonesia kembali diganti dan diberikan kepada pria Argentina, Luis Manuel Blanco.

Masih tak jelas juga, 2013 belum berganti tahun posisi Luis Manuel Blanco digusur Rahmad Darmawan sebelum dipegang Jacksen F Tiago.

Baca Juga:
Jadwal Final SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 vs Thailand

Hingga musim berikutnya, Alfred Riedl kembali dipanggil menukangi Timnas Indonesia sebagai pelatih kepala.

Seiring waktu berlalu, kini Timnas Indonesia menjadi lebih baik semenjak ditukangi Shin Tae-yong pada 2019 hingga saat ini.

Perlahan ranking FIFA Timnas Indonesia naik dan kini menghuni peringkat ke-149 dunia, bukan hal yang instan untuk bisa dicapai.

Baca Juga:
Erick Thohir Minta Izin ke Jokowi, Dukung Langsung Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 Kamboja

Selain itu Shin Tae-yong juga berhasil membawa skuad Garuda lolos ke putaran final Piala Asia 2023 yang mulai digelar pada 12 Januari 2024 mendatang.

Irak akan jadi salah satu lawan yang harus diatasi Indonesia, berbekal kualitas tim yang mumpuni seperti saat ini jadi kunci optimisme terhadap Shin Tae-yong.

Kontributor: Eko
Load More