Rauhanda Riyantama
Potret latihan pemain Timnas Indonesia jelang lawan Burundi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia bakal menghadapi jalan terjal di Piala Asia 2023 setelah dipastikan bergabung di Grup D. Kepastian ini didapatkan usai drawing dilakukan pada Kamis (11/5/2023).

Di Grup D nanti, lawan-lawan yang didapatkan skuad Garuda terbilang berat. Ada Jepang, Irak, dan rival bebuyutan dari Asia Tenggar, Vietnam, di sana.

Perjuangan Timnas Indonesia bakal dimulai pada 15 Januari 2024 mendatang dengan lebih dulu menghadapi Irak.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Diuntungkan, Vietnam Tidak Latihan Jelang Semifinal SEA Games 2023

Setelahnya, Timnas Indonesia bakal melawan Vietnam pada laga kedua di 19 Januari, lalu melakoni laga terakhir melawan Jepang lima hari berselang.

Tidak akan mudah jalan yang dilalui Timnas Indonesia, tapi Shin Tae-yong masih punya cukup banyak waktu untuk mempersiapkan tim.

Jalan Timnas Indonesia memang akan sangat sulit, tapi bukan berarti tidak ada peluang buat Timnas Indonesia lolos dari fase grup.

Baca Juga:
Jadwal Semifinal SEA Games 2023 Hari Ini: Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam Main Lebih Dulu

Untuk informasi, hanya dua tim dari setiap grup (A-F) yang berhak lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Dua tim ini adalah juara grup dan runner-up.

Jalan lain yang bisa didapatkan Timnas Indonesia untuk lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 adalah melalui jalan tim peringkat tiga terbaik.

Nantinya, hanya akan ada empat tim peringkat tiga terbaik mendapatkan tiket ke babak 16 besar.

Baca Juga:
Lawan Thailand di Semifinal SEA Games 2023, Pelatih Myanmar Bikin Pernyataan Mengejutkan

Menilik peluang, Timnas Indonesia bisa memaksimalkan pertandingan melawan Vietnam dan Irak untuk mendapatkan hasil positif.

Sementara saat melawan Jepang, Timnas Indonesia harus berusaha maksimal untuk menghindari kekalahan dengan skor besar.

Melihat peta kekuatan, target paling realistis Timnas Indonesia adalah mendapatkan posisi runner-up grup atau menjadi salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Baca Juga:
Profil Kaoru Mitoma, Pemain Jepang Calon Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Jika mampu mengalahkan Vietnam dan menumbangkan Irak atau meraih hasil imbang atas Irak, peluang Timnas Indonesia untuk memenuhi skenario di atas sangat terbuka.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More