Rauhanda Riyantama
Selebrasi Jordi Amat usai mencetak gol debut ke gawang Burundi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut tujuh pemain naturalisasi yang berpotensi memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, dan membuka peluang skuad Garuda mencetak sejarah lolos fase grup untuk pertama kalinya.

Jelang Piala Asia 2023, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia akan memanggil pemain-pemain naturalisasi untuk berpartisipasi.

Para pemain naturalisasi ini akan diandalkan seiring laga-laga berat yang menanti tim Merah Putih di ajang empat tahunan tersebut.

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Andalkan Pemain Naturalisasi?

Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Tiga negara ini punya rekam jejak apik di ajang tersebut.

Jepang berstatus kampiun terbanyak Piala Asia dengan empat gelar. Lalu Irak juga pernah menjuarai ajang ini pada 2007 silam di Indonesia.

Sedangkan Vietnam bukanlah tim kacangan di ajang ini. Tercatat, tim berjuluk The Golden Stars ini sudah dua kali menembus babak perempat final Piala Asia, termasuk pada edisi 2019 lalu.

Baca Juga:
5 Pesepak Bola Top Dunia yang Bakal Jadi Lawan Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023

Dengan sepak terjang lawan-lawannya itu, wajar rasanya jika nantinya Shin Tae-yong akan mengandalkan jasa pemain naturalisasi demi bisa berbicara banyak di Piala Asia 2023.

Setidaknya, ada tujuh pemain naturalisasi yang berpotensi memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mendatang. Siapa saja mereka?

1. Sandy Walsh

Baca Juga:
Remehkan Timnas Indonesia U-22, Pelatih Thailand Bahas Final SEA Games 2023 Lawan Vietnam

Sandy Walsh merupakan pemain naturalisasi kelahiran Belgia. Ia resmi dinaturalisasi pada November 2022 lalu, setelah mengutarakan niatnya menjadi WNI sejak 2017.

Piala Asia 2023 nanti akan menjadi event besar pertama bek KV Mechelen itu dengan Timnas Indonesia. Dengan performanya musim ini, ia jelas akan jadi pilihan utama untuk bek kanan.

2. Jordi Amat

Baca Juga:
Timnas Basket Kamboja Kalahkan Filipina di SEA Games 2023, Media Asing Terkejut

Jordi Amat merupakan pemain kelahiran Spanyol yang resmi dinaturalisasi Timnas Indonesia pada November 2022 lalu. Ia dinaturalisasi karena memiliki darah Indonesia dari sang nenek.

Pasca dinaturalisasi, bek yang membela Johor Darul Ta’zim itu pun sudah beberapa kali tampil bagi Timnas Indonesia, yakni di Piala AFF 2022 dan FIFA Matchday.

3. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama adalah pemain yang baru tuntas dinaturalisasi pada 2023 ini. Ia dinaturalisasi karena darah Indonesia yang berasal dari sang ayah.

Sejak tuntas dinaturalisasi, Shayne belum membela Timnas Indonesia. Piala Asia 2023 pun akan menjadi event besar pertamanya bagi skuad Garuda.

4. Marc Klok

Marc Klok merupakan pemain yang dinaturalisasi setelah menetap lima tahun di Indonesia. Sejak naturalisasinya tuntas, ia menjadi andalan di lini tengah Timnas Indonesia.

Berkat penampilannya, ia berhasil membawa Timnas Indonesia lolos Piala Asia 2023, usai berhasil mencetak satu gol di Kualifikasi Piala Asia 2023.

5. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly merupakan pemain naturalisasi yang sudah lama menetap dan berkarier di Indonesia. Ia mendapatkan status WNI usai dinaturalisasi sejak 2011 silam.

Sejak saat itu, Lilipaly hilir mudik membela Timnas Indonesia. Ia juga menjadi salah satu aktor keberhasilan skuad Garuda lolos ke Piala Asia 2023 lalu.

6. Ivar Jenner

Ivar Jenner memang belum sepenuhnya sah menjadi WNI. Tapi, proses naturalisasinya tengah berlangsung, sehingga ia bisa membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Meski naturalisasinya dimaksudkan untuk Piala Dunia U-20 2023, kualitas Ivar Jenner di lini tengah tak bisa diragukan lagi, sehingga bisa saja ia dibawa Shin Tae-yong ke Piala Asia 2023.

7. Rafael Struick

Sama seperti Ivar Jenner, Rafael Struick belum resmi menjadi WNI dan naturalisasinya dimaksudkan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Meski demikian, minimnya stok penyerang berkualitas di Timnas Indonesia senior bisa membuatnya menjadi tumpuan pada gelaran Piala Asia 2023 nanti.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More