Husna Rahmayunita
Indra Sjafri memimpin jalannya pemusatan latihan Timnas U-22 di Lapangan A, kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (2/3/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memiliki rekor impresif saat berjumpa dengan Vietnam. Hal ini diyakini bisa menjadi modal berharga Garuda Muda untuk bertanding di semifinal SEA Games 2023.

Rekor impresif yang dicatatkan Indra Sjafri ini tentu akan diuji saat Timnas Indonesia U-22 menantang Vietnam pada fase semifinal SEA Games 2023. Laga ini rencananya akan berlangsung pada Sabtu (13/5/2023).

Selama menjabat sebagai pelatih tim nasional di kelompok usia muda, Indra Sjafri memang mampu membukukan sederet catatan positif ketika berjumpa Vietnam, khususnya di kejuaraan level Asia Tenggara.

Baca Juga:
Pemainnya Tak Lengkap, Pelatih Vietnam Curhat Jelang Lawan Timnas Indonesia U-22

Yang pertama, Indra Sjafri pernah membawa Timnas Indonesia U-19 asuhannya menjuarai Piala AFF U-19 2013. Ketika itu, tim berjuluk Garuda Nusantara ini masih diperkuat Evan Dimas dan kawan-kawan.

Menariknya, pada partai final, Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri sukses menggulingkan Vietnam via adu penalti dengan skor 7-6. Kemenangan ini membawa Indonesia melenggang ke podium juara Piala AFF U-19 2013.

Setelah itu, rekor impresif selanjutnya juga berhasil dicatatkan mantan pelatih Bali United ini ketika mendapat kepercayaan PSSI untuk mengasuh Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 2019.

Baca Juga:
Segrup dengan Timnas Indonesia, Pelatih Irak Sebut Piala Asia 2023 Akan Sulit Dimenangkan

Pada kejuaraan itu, Timnas Indonesia U-22 sukses meraih gelar juara. Salah satunya yakni karena mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0 di partai semifinal, hingga akhirnya menjegal Thailand 2-1 di final.

Dua catatan kemenangan Indra Sjafri saat berjumpa Vietnam ini tentu menjadi modal berharga bagi Timnas Indonesia U-22 untuk melumpuhkan perlawanan The Golden Star di semifinal SEA Games 2023.

Menurut jadwal, duel antara Indonesia melawan Vietnam itu bakal berlangsung di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Sabtu (13/5/2023) pukul 16.00 WIB.

Baca Juga:
Lawan Tim Kelas Dunia di Piala Asia 2023, Erick Thohir: Momen yang Pas Naikkan Level Timnas Indonesia

Sebagai informasi, perjumpaan ini terjadi karena Timnas Indonesia U-22 berstatus sebagai juara Grup A, sedangkan Vietnam lolos dari Grup B dengan status sebagai runner-up.

Skuad Garuda Muda memang punya modal penting lainnya untuk bisa menggulung Vietnam. Sebab, mereka telah tampil luar biasa selama menghadapi empat laga di fase penyisihan Grup A SEA Games 2023.

Berstatus sebagai juara Grup A dengan koleksi 12 poin dari empat laga, Indonesia juga mampu mengukir rekor sebagai tim paling produktif dengan menghasilkan 13 gol. Selain itu, jumlah kebobolannya juga paling minim karena hanya kemasukan satu gol di fase grup.

Baca Juga:
Rekor Pertemuan Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam di SEA Games, Garuda Muda Sering Kerepotan

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More