Rauhanda Riyantama
Timnas Indonesia menang telak 5-0 atas Myanmar di SEA Games 2023 (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 mampu menyapu bersih seluruh pertandingan fase grup SEA Games 2023 dengan kemenangan. Hal ini sama dengan sepak terjangnya pada SEA Games 1991 saat meraih medali emas.

Timnas Indonesia U-22 dipastikan lolos ke semifinal cabang olahraga (cabor) sepak bola putra SEA Games 2023 dengan status juara grup A.

Keberhasilan ini didapatkan setelah tim besutan Indra Sjafri itu berhasil membungkam tuan rumah Kamboja di laga terakhir grup A, Rabu (10/5) malam WIB.

Baca Juga:
Hasil Drawing Piala Asia 2023 dari Wakil ASEAN: Indonesia dan Vietnam Segrup, Malaysia serta Thailand Jumpa Lawan Berat

Dalam laga tersebut, skuad Garuda Muda mampu menundukkan Kamboja yang bermain di hadapan pendukungnya sendiri dengan skor 2-1.

Kemenangan 2-1 itu memberikan tiga poin bagi Timnas Indonesia U-22, sekaligus membuat perolehan poin tim Merah Putih menjadi 12 poin.

Raihan 12 poin itu membuktikan bahwa Timnas Indonesia U-22 mampu menyapu bersih empat pertandingan yang ada di grup A dengan kemenangan.

Baca Juga:
Malaysia Bantai Singapura di SEA Games 2023, Netizen Malah Singgung Manchester United

Selain menang atas Kamboja, Timnas Indonesia U-22 juga menang atas Filipina (3-0), Myanmar (5-0), dan Timor Leste (3-0).

Hebatnya lagi, dari empat pertandingan itu Timnas Indonesia U-22 mampu mencetak 13 gol dan kebobolan 1 gol saja, sehingga mendapat status tim paling produktif dan paling sedikit kebobolan di SEA Games 2023.

Siapa sangka, laju apik Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 ini ternyata mirip dengan laju tim Merah Putih kala memenangi medali emas di cabor sepak bola putra pada SEA Games 1991 lalu.

Baca Juga:
Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Masuk Grup Neraka, Lawan Tim Langganan Juara

Bakal Ulangi Memori SEA Games 1991?

Pada SEA Games 1991 yang berlangsung di Filipina, Timnas Indonesia mampu meraih medali emas. Ironisnya, itu medali emas terakhir yang didapatkan tim Merah Putih di cabor sepak bola hingga 2023 ini.

Saat SEA Games 1991 itu, Timnas Indonesia digawangi para pemain muda seperti Rochy Putiray dan Widodo C Putro, persis seperti skuad Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 ini yang penuh talenta muda.

Baca Juga:
Hasil Drawing Piala Asia 2023: Masuk Grup D, Timnas Indonesia Segrup dengan Vietnam, Irak, dan Jepang

Di SEA Games 1991 itu, Timnas Indonesia juga punya laju apik, terutama di fase grup, dengan menyapu bersih seluruh laga grup B dengan kemenangan.

Sebagai informasi, saat itu Timnas Indonesia arahan Anatoli Polosin tergabung di grup B bersama dengan Filipina selaku tuan rumah, Malaysia, dan Vietnam.

Dari tiga pertandingan di grup B itu, Timnas Indonesia mampu menyapu bersih seluruh laga grup B dengan kemenangan dan meraih 6 poin (saat itu kemenangan dihitung dua poin).

Timnas Indonesia mampu menaklukkan Malaysia di laga pertama dengan skor 2-0, lalu mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0, dan menang atas Filipina selaku tuan rumah di laga terakhir dengan skor 2-1.

Karena berhasil lolos sebagai juara grup, Timnas Indonesia pun melaju ke semifinal SEA Games 1991, dan berhasil lolos ke final serta meraih medali emas lewat drama adu penalti.

Laju Timnas Indonesia di SEA Games 1991, terutama di fase grup, pun mirip dengan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 saat ini.

Keduanya sama-sama memiliki kemiripan, yakni menyapu bersih seluruh laga fase grup dengan kemenangan 100 persen.

Lalu kemiripan lainnya terlihat saat kedua tim beda generasi ini mengalahkan tuan rumah di laga terakhir fase grup.

Uniknya lagi, kemiripan juga terlihat di mana Timnas Indonesia di SEA Games 1991 dan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 sama-sama kebobolan di laga terakhir melawan tuan rumah.

Dengan kemiripan-kemiripan ini, akankah sejarah akan terulang dan Timnas Indonesia U-22 membawa pulang medali emas dari SEA Games 2023 untuk pertama kalinya sejak 1991 silam?

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More