Husna Rahmayunita
Potret aksi pemain Timnas Indonesia saat ditahan imbang Vietnam 0-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)

Bolatimes.com - Drawing Piala Asia 2023 bakal digelar Katara Open House, Doha, di negera tuan rumah, Qatar, pada Kamis (11/5/2023) petang ini.

Jumlah peserta Piala Asia 2023 sendiri ada 24 negara, yang akan dibagi ke dalam empat grup.

Dalam pembagian pot Piala Asia 2023, Timnas Indonesia memang jadi tim dengan peringkat FIFA terendah edisi April 2023 (149). Karena itu tim Garuda akan masuk ke Pot 4.

Baca Juga:
Final Bulu Tangkis Beregu Putra SEA Games 2023: Hajar Malaysia, Indonesia Sabet Medali Emas

Dari empat negara ASEAN yang lolos ke Piala Asia 2023, tiga di antaranya ada di pot 4 yaitu Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Yang pasti, Timnas Indonesia akan segrup dengan salah satu macan Asia yang ada di pot 1 macam Jepang (peringkat 20), Iran (24), Korea Selatan (peringkat 27), Australia (29), atau pun Arab Saudi (54).

Otomatis, ketiganya tidak dapat saling bertemu di penyisihan grup. Namun, mereka masih bisa berjumpa dengan Vietnam yang ada di pot 3.

Baca Juga:
Indonesia Bisa Naik ke Peringkat 148 Dunia andai Kalahkan Palestina di FIFA Matchday, Begini Hitungannya

Dalam euforia menyambut drawing Piala Asia 2023, para netizen ramai-ramai membagikan prediksi mereka mengenai hasil pengundian nanti.

Salah satu akun Twitter, @Indotransfer, membagikan prediksi mereka di mana Timnas Indonesia bakal satu grup dengan Arab Saudi, China, dan Kirgistan.

Sementara netizen lain, @gbrlbskrxxx memprediksi Indonesia bakal satu grup dengan Arab Saudi, China, dan Palestina.

Baca Juga:
Demi Hindari Timnas Indonesia U-22 di Semifinal SEA Games 2023, Vietnam Kedatangan Sosok Penting

Berbeda dengan @WilliamRobbyxx yang memperkirakan Timnas Indonesia bakal satu grup dengan tuan rumah Qatar, Oman, dan Kirgistan.

Kemudian akun @WardiaAndiexx punya prediksi yang cukup berat buat Timnas Indonesia di mana akan satu grup dengan Jepang, Uzbekistan, dan Palestina.

Sepanjang sejarah, Timnas Indonesia tercatat sudah empat kali lolos ke putaran final Piala Asia. Hal ini terjadi dalam empat edisi beruntun sejak 1996 hingga ketika menjadi tuan rumah pada 2007.

Baca Juga:
Terindikasi Curang, Kamboja Pakai Pemain Bayaran Asal China di Cabor Bulu Tangkis

Praktis sejak 2011 atau dalam tiga edisi berturut-turut, skuad Garuda selalu gagal menembus putaran final pesta sepak bola terbesar di Asia ini.

Piala Asia 2023 sendiri baru akan bergulir tahun depan. Turnamen bakal digelar di Qatar pada 12 Januari - 10 Februari 2024.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More