Husna Rahmayunita
Gelandang Timnas Indonesia U-22, Marselino Ferdinan (kiri) merayakan gol ke gawang Filipina bersama gelandang Beckham Putra pada laga Grup A sepak bola SEA Games 2023 di Olympic Stadium Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023) sore. [dok. PSSI]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri di SEA Games 2023 ini memiliki lebih banyak keunggulan ketimbang performa Garuda Muda asuhan Shin Tae-yong pada edisi sebelumnya.

Sebab, ada sejumlah catatan statistik yang membuktikan bahwa Timnas Indonesia U-22 era Indra Sjafri di SEA Games 2023 mampu mencatatkan prestasi yang lebih baik ketimbang skuad arahan Shin Tae-yong di SEA Games 2021.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima perbedaan Timnas Indonesia U-22 di bawah asuhan Indra Sjafri dan Shin Tae-yong di SEA Games 2021 dan 2023.

Baca Juga:
Ketum PSSI-nya Kamboja Batal Mundur dari Jabatannya Jelang Lawan Timnas Indonesia U-22, Optimis Lolos ke Semifinal?

1. Produktivitas Gol

Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri di SEA Games 2023 berpotensi melampaui catatan skuad Garuda Muda arahan Shin Tae-yong di edisi sebelumnya soal produktivitas gol.

Sebab, hanya dari tiga laga, skuad asuhan Indra Sjafri sudah mencetak 11 gol. Jumlah ini memang menyamai torehan edisi sebelumnya yang hanya bisa menghasilkan jumlah yang sama pada empat laga fase grup.

Baca Juga:
Beda Nasib dengan Elkan Baggott, Klub Pemain Keturunan yang Tolak Bela Timnas Indonesia Terdegradasi dari Serie A Italia

2. Catatan Kebobolan

Catatan positif Timnas Indonesia U-22 lainnya pada SEA Games kali ini ialah aspek pertahanan yang belum kebobolan dari tiga pertandingan awal.

Padahal, jika dibandingkan edisi sebelumnya, skuad Garuda Muda asuhan Shin Tae-yong sudah kebobolan lima gol dari empat pertandingan fase penyisihan grup.

Baca Juga:
Beda Nasib Timnas Indonesia U-22 dan Malaysia di SEA Games 2023

3. Daftar Top Scorer

Saat skuad Garuda Muda masih berada di bawah asuhan Shin Tae-yong, dua nama yang menjadi top scorer di SEA Games 2021 ialah Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang sama-sama mengemas tiga gol.

Namun, pada edisi kali ini, muncul nama pemain mengejutkan, yakni Fajar Fathur Rahman, yang sudah mencetak empat gol dari tiga pertandingan. Dia sukses mengungguli Ramadhan Sananta yang menghasilkan tiga gol.

Baca Juga:
Tebar Ancaman Jelang Lawan Argentina, Bek Timnas Indonesia Banggakan Momen Tumbangkan Manchester United

4. Kemenangan Terbesar

Pada SEA Games 2023 ini, rekor kemenangan terbesar yang diraih Timnas Indonesia ialah laga melawan Myanmar yang berakhir dengan skor 5-0.

Sedangkan pada edisi sebelumnya saat diasuh Shin Tae-yong, kemenangan dengan skor paling mencolok yang dicatatkan skuad Garuda Muda ialah saat berjumpa Timor Leste. Saat itu, Indonesia menang 4-1.

5. Jumlah Pemain yang Cetak Gol

Sejauh ini, sudah ada lima nama pemain Timnas Indonesia U-22 yang mencetak gol di SEA Games 2023. Mereka adalah Fajar Fathur Rahman (4 gol), Ramadhan Sananta (3 gol), Marselino Ferdinan (2 gol), Titan Agung dan Irfan Jauhari yang sama-sama mencetak satu gol.

Adapun pada SEA Games 2021 lalu, setidaknya ada tujuh pemain yang sukses mencetak gol. Mereka adalah Egy Maulana (3 gol), Witan Sulaeman (3 gol), Marselino Ferdinan (2 gol), Fachruddin Aryanto, Ronaldo Kwateh, Rizky Ridho, dan Muhammad Ridwan yang mencetak satu gol.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More