Husna Rahmayunita
Para penari membawa bendera Indonesia dalam posisi terbalik dalam upacara pembukaan SEA Games XXXII/2023 Kamboja di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Jumat (5/5/2023). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Bolatimes.com - Insiden tak menyenangkan terjadi di SEA Games 2023 ketika Bendera Indonesia terbalik pada upacara pembukaan di Morodok National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (5/5/2023).

Opening Ceremony sejatinya dijadwalkan berlangsung pada 19.00 waktu setempat. Namun, para penonton yang menyaksikan langsung upacara pembukaan diinformasikan untuk datang lebih cepat sebelum acara dimulai.

Dalam jeda waktu tersebut, event organizer menyuguhkan pre-show sebelum dimulainya opening ceremony yang ditayangkan langsung di kanal YouTube.

Baca Juga:
Asnawi Mangkualam Main 90 Menit, Jeonnam Dragons Dipaksa Jadi Lumbung Gol Bucheon 1995

Dari laporan Antara, salah satu penyanyi Kamboja tengah tampil diiringi penari yang membawa 11 bendera peserta SEA Games 2023.

Akan tetapi, para penari melakukan kesalahan. Pasalnya, bendera Indonesia yang dibawa semuanya dalam posisi terbalik. Seharusnya warna merah ada di bagian atas, sedangkan warna putih berada di bagian bawah.

Namun, para penari latar ini justru membawa bendera Indonesia dalam keadaan warna merah di bawah dan putih di bagian atas.

Baca Juga:
3 Alasan Timnas Voli Putra Indonesia Bisa Menumbangkan Vietnam di Semifinal SEA Games 2023

Kondisi ini lantas viral tersebar di media sosial dan mengundang berbagai reaksi keras dari netizen Indonesia. Banyak yang menyayangkan kejadian tersebut.

Lantas, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC) atas kejadian bendera Merah Putih yang terbalik pada pre-show opening ceremony yang disiarkan secara langsung di akun YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia.

NOC Indonesia mengirimkan keberatan secara resmi melalui surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Harry Warganegara kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.

Baca Juga:
Demi Usung Misi Balas Dendam Ke Timnas Indonesia, Kapten Malaysia Berhasrat Bisa Menang Lawan Vietnam

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara mengatakan tuan rumah telah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia atas kejadian bendera Merah Putih yang terbalik.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” ujar Harry dalam keterangan tertulis di Phnom Penh, Jumat.

“NOC Indonesia secara resmi menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera Indonesia dengan benar sebelum dimulainya Opening Ceremony 32th SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techno National Stadium, Phnom Phen,” kata Harry dalam surat tersebut.

Baca Juga:
Kalahkan Malaysia U-22, Pelatih Thailand Tancap Gas untuk Laga Berikutnya

“Penempatan bendera kami yang terbalik tidak dapat diterima karena kami telah memberi tahu CAMSOC berkaitan dengan pemasangan bendera Indonesia yang telah disetujui sebelumnya. Kami berharap ada perbaikan yang dilakukan pada Opening Ceremony dan menanti tindakan cepat Anda.”

Menpora RI Dito Ariotedjo juga sudah memberikan respons soal insiden bendera Indonesia terbalik di pembukaan SEA Games 2023.

Menpora Kamboja langsung menemui Menpora RI Dito Ariotedjo. Ia menyampaikan agar masyarakat Indonesia memaafkan kesalahan itu karena memang pernyataan dari pihak Kamboja serius benar-benar dari hati.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More