Irwan Febri Rialdi
Cek fakta Timnas Indonesia U-20 masuk di Grup A Piala Dunia U-20 2023. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Kanal YouTube yang membahas soal sepak bola, Kreator Bola, membuat sebuah narasi video yang menyebut bahwa FIFA mencoret Israel dari Piala Dunia U-20.

Dalam video yang diunggah pada Kamis (4/5/2023), Kreator Bola menyebut Timnas Indonesia U-20 menjadi pengganti Israel yang dicoret.

Disebutkan bahwa Timnas Indonesia U-20 mendapat jatah mengganti Israel setelah PSSI melakukan negosiasi dengan FIFA.

Baca Juga:
Hadir Langsung ke Kamboja, Bos Madura United Tertarik Rekrut 3 Pemain Timnas Indonesia U-22

“YES FIFA CORET ISRAEL!! PSSI DAPAT SLOT PIALA DUNIA USAI NEGOSIASI BERHASIL - INI BUKTINYA,” begitu bunyi judul dari Kreator Bola

Penjelasan

Dalam video berdurasi 3 menit tersebut, Kreator Bola membuka video dengan penjelasan tentang keberhasilan Israel ke Piala Dunia U-20.

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Selebrasi Indra Sjafri Tiap Pemain Timnas Indonesia U-22 Cetak Gol

Dijelaskan bahwa lolosnya Israel mendapat sorotan karena tentara Israel melakukan penyerangan dalam pertandingan sepak bola di Palestina.

Dalam pertandingan Piala Liga Palestina 2022/23 antara Jabal Al-Mukaber vs Balata FC, sempat diwarnai dengan tembakan gas air mata yang dilakukan oleh tentara israel. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Dalam narasi video tersebut disebutkan bahwa AFC mengirimkan kecaman kepada tentara Israel yang menyerang ke stadion di Palestina.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Bantai Myanmar 5-0, Bos Madura United: Medali Emas Sudah di Depan Mata

Hal ini memang sesuai dengan pemberitaan pada awal April lalu di mana AFC melabeli aksi penembakan gas air mata tentara Israel dalam sebuah pertandingan di Palestina sebagai aksi tidak beralasan dan mengerikan.

Disebutkan dalam video tersebut bahwa FIFA didesak untuk mencoret Israel dari Piala Dunia U-20. AFC pun disebut bisa menjadi jembatan yang cocok untuk Indonesia melakukan banding.

Kesimpulan

Baca Juga:
Hitung-hitungan Timnas Indonesia U-22 Lolos ke Semifinal SEA Games 2023, Butuh Satu Kemenangan Lagi

Apa yang diberitakan oleh Kreator Bola berisi informasi yang tidak benar atau hoaks karena tidak ada satupun narasi yang menyebut Indonesia menggantikan Israel yang dicoret FIFA.

Video dari Kreator Bola sama sekali tidak membuat pernyataan dari FIFA maupun pihak lain tentang pencoretan Israel dan penunjukkan Timnas Indonesia U-20 sebagai penggantinya.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More