Rauhanda Riyantama
Timnas Filipina U-22 di SEA Games 2023. (Instagram/@philfootballfederation)

Bolatimes.com - Cabang sepak bola putra di SEA Games 2023 memang masih menjalani fase penyisihan grup, tapi sejumlah tim sudah terancam angkat koper lebih dulu.

Seperti yang diketahui, cabor sepak bola putra sudah dimulai sejak 29 April lalu dan kini telah melewati dua pertandingan di fase grup (kecuali beberapa laga di Grup B).

Sejumlah tim unggulan mendapat hasil positif dan diprediksi melaju mulus hingga ke babak semifinal

Baca Juga:
Profil Marian Mihail, Eks-Dirtek Timnas Rumania yang Kini Jadi Pelatih PSS Sleman

Untuk informasi, SEA Games 2023 dibagi menjadi dua grup: A dan B. Hanya dua tim teratas di setiap grup yang berhak melaju ke babak semifinal.

Lantas, siapa saja negara yang berpotensi angkat koper dini di SEA Games 2023?

1. Timor Leste

Baca Juga:
Heboh Laman Resmi PSSI Sempat Unggah Timnas Indonesia Bakal Hadapi Argentina, tapi Kini Hilang

Timor Leste yang tergabung di Grup A SEA Games 2023 menjadi tim dengan potensi angkat koper lebih dulu. Mereka kini menempati peringkat tiga Grup A.

Dari tiga pertandingan yang sudah dilewati, Timor Leste menelan dua kekalahan dengan catatan kebobolan lima gol, dan sekali menang atas Filipina dengan skor 3-0.

2. Filipina

Baca Juga:
Tanpa Marques Bolden dan Derrick Michael, Berikut Daftar 12 Pemain Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2023

Filipina yang dilumat oleh Timnas Indonesia U-22 pada laga pertama Grup A dengan skor 0-3, juga berpotensi pulang lebih cepat dari SEA Games 2023.

Di laga kedua melawan Kamboja, Filipina ditahan imbang 1-1 sehingga kini menghuni peringkat keempat dengan satu poin. Peluang mereka untuk lolos pun semakin sulit.

Kemudian di laga ketiga, Filipina di luar dugaan dihajar Timor Leste dengan skor 3-0. Kini mereka jadi juru kunci Grup A.

Baca Juga:
Profil Christian Rontini, Bek Timnas Filipina Dirumorkan ke Persita Tangerang

3. Laos

Laos bernasib sama di Grup B, mereka menjadi juru kunci klasemen setelah melakoni dua pertandingan. Dua kekalahan didapatkan saat melawan Vietnam dan terakhir dibekuk Malaysia.

Dengan sisa dua pertandingan lagi, peluang Laos angkat koper sangat besar karena masih harus menghadapi Thailand dan Singapura.

4. Singapura

Di luar perkiraan, Singapura tampil melempem di penyisihan Grup B SEA Games 2023. Dari dua pertandingan, Singapura selalu menelan kekalahan.

Kekalahan pertama didapatkan saat ditekuk Thailand 1-3, kemudian Singapura kalah dengan skor identik dari Vietnam di laga kedua.

Peluang Singapura untuk melaju ke babak semifinal pun semakin sulit karena hanya ada dua tim yang berhak lolos dari fase grup di setiap grup.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More