Rauhanda Riyantama
Selebrasi pemain Timnas Argentina usai lolos ke perempat final Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - PSSI tampaknya harus mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk mendatangkan Timnas Argentina sebagai lawan tanding Timnas Indonesia pada agenda FIFA Matchday periode Juni 2023. Dananya diprediksi mencapai ratusan miliar rupiah.

Dana ratusan miliar yang harus dikeluarkan oleh PSSI ini memang harus disediakan untuk membayar segala keperluan yang dibutuhkan dalam mendatangkan Timnas Argentina.

Seperti diketahui, belakangan ini tengah ramai diperbincangkan soal kesediaan Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) untuk mengirimkan timnasnya melawan sejumlah tim Asia pada agenda FIFA Matchday periode Juni 2023.

Baca Juga:
Respons Mengejutkan KMSK Deinze usai Marselino Ferdinan Cetak Gol di SEA Games 2023

Skuad asuhan Shin Tae-yong memang sudah dipastikan bakal menghadapi Timnas Palestina pada 14 Juni 2023. Satu lawan lainnya masih diupayakan PSSI. Nama yang paling mentereng belakangan ini memang Timnas Argentina.

Meskipun demikian, tampaknya PSSI harus menyiapkan anggaran yang cukup besar untuk bisa mendatangkan juara Piala Dunia 2022 itu pada ajang FIFA Matchday yang terdekat.

Sebab, tarif yang dipatok La Albiceleste mencapai lima juta dollar AS. Angka ini setara dengan Rp73,2 miliar. Namun, tarif ini ternyata berlaku sebelum Lionel Messi dan kawan-kawan menjuarai Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Gantikan Indonesia, Timnas Argentina Tanpa Wonderkid Manchester United Alejandro Garnacho di Piala Dunia U-20

Diprediksi, angka yang dipatok oleh AFA untuk mengirimkan Timnas Argentina bakal lebih membengkak lantaran statusnya yang menjadi peraih trofi Piala Dunia 2022.

Chief Executive Officer (CEO) Nine Sport Inc, Arif Putra Wicaksono, menyebut bahwa biaya ini harus dibayarkan sebagai bentuk match fee dan akomodasi Timnas Argentina.

Selain itu, Timnas Indonesia dan PSSI tampaknya tidak akan menjadi satu-satunya negara yang berminat untuk mendatangkan La Albiceleste. Sebab, ada China dan Bangladesh yang juga siap mengeluarkan biaya besar..

Baca Juga:
Daftar Top Skor SEA Games 2023: Marselino Ferdinan dan Ramadhan Sananta Saling Sikut

“Yang saya tahu, sebelum juara Piala Dunia 2022 itu, biaya untuk mendatangkannya sebesar 5 juta dollar AS. Ini untuk match fee dan biaya penerbangan Timnas Argentina,” kata Arif Putra Wicaksono.

“Untuk sekarang ini, angka yang terbesar datang dari Wanda Group asal China dan Bangladesh yang mendapat dukungan dari pemerintah mereka,” lanjutnya.

Tentu saja tak mengherankan apabila Timnas China menjadi salah satu negara yang disebut-sebut sebagai calon kuat pesaing Indonesia untuk mendatangkan Argentina.

Baca Juga:
Hasil SEA Games 2023: Ramadhan Sananta Borong 2 Gol, Timnas Indonesia U-22 Hajar Myanmar 5-0

Oleh karena itu, PSSI harus menggelontorkan dana yang lebih besar lagi untuk menggoda Lionel Messi dkk agar bersedia berduel melawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode Juni 2023.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More