Irwan Febri Rialdi
Cek fakta Myanmar trauma dengan Timnas Indonesia U-22. (YouTube/Injury Time TV)

Bolatimes.com - Beredar informasi Myanmar trauma bertemu Timnas Indonesia jelang duel kedua tim di grup A SEA Games 2023. Benarkah informasi tersebut?

Informasi tersebut diedarkan oleh kanal YouTube INJURY TIME TV yang terlihat dari judul bombastisnya dalam video unggahannya tersebut.

“RILIS STARTING LINE UP TIMNAS INDONESIA U22. MYANMAR SAMPAI DI BUAT TRAUMA DENGAN INI,” bunyi judul unggahan INJURY TIME FC.

Baca Juga:
Profil Sao Sokha, Ketum PSSI-nya Kamboja yang Mundur jika Gagal ke Semifinal Sepak Bola SEA Games 2023

Lalu klaim bahwa Myanmar trauma kian dipertegas dengan tulisan yang tertera dalam Thumbnail video unggahan kanal INJURY TIME FC tersebut.

“MYANMAR PERNAH DIBUAT MENANGIS DENGAN FORMASI INI. RESMI RILIS STARTING LINE UP TIMNAS INDONESIA VS MYANMAR DI SEA GAMES 2023,” bunyi Thumbnail video INJURY TIME FC.

Hingga artikel ini dibuat, video yang telah tayang sejak Rabu (3/5) tersebut telah ditonton sebanyak 542 kali dan menuai dua komentar dari netizen.

Baca Juga:
Pidato Shin Tae-yong usai Raih Hall of Fame K League, Sebut Fisik Pemain Timnas Indonesia Sama dengan Korsel Tapi.....

PENJELASAN

Dalam video tersebut, sang narator mengemukakan serba-serbi jelang pertemuan Timnas Indonesia U-22 dengan Myanmar di laga kedua grup A SEA Games 2023.

Timnas Indonesia disebut mampu meraih kemenangan 3-0 atas Filipina di laga pertama. Sedangkan Myanmar juga mampu meraih kemenangan dengan skor 1-0 atas Timor Leste di laga perdana.

Baca Juga:
Indra Sjafri Pastikan 20 Pemain Timnas Indonesia U-22 dalam Kondisi Fit Jelang Hadapi Myanmar

Usai membahas kemenangan di laga pertama, INJURY TIME FC juga membahas klasemen kedua tim pasca menang, di mana Indonesia duduk di peringkat kedua dan disusul Myanmar di peringkat ketiga.

Jelang duel ini, sang narator juga membahas Head to Head kedua tim, di mana Indonesia tak pernah kalah dari Myanmar selama ditukangi Indra Sjafri.

Dalam empat pertemuan terakhir, Indonesia besutan Indra Sjafri mampu meraih tiga kemenangan dan hanya sekali imbang dari Myanmar.

Baca Juga:
Kalahkan Sir Alex Ferguson, Pep Guardiola Cetak Rekor Mentereng

Setelahnya, sang narator menyertakan pernyataan pelatih Myanmar, Michael Feichtenbeiner, mengakui bahwa timnya berada jauh di bawah level Indonesia.

Video tersebut kemudian ditutup dengan prediksi Starting Line Up yang kemungkinan akan digunakan oleh Indra Sjafri saat Timnas Indonesia U-22 berhadapan dengan Myanmar di laga kedua grup A SEA Games 2023.

KESIMPULAN

Berdasarkan narasi di video unggahan INJURY TIME FC serta judul dan Thumbnail yang digunakan, bisa dikatakan informasi yang diberikan tak sesuai dengan fakta yang ada.

Klaim bahwa Myanmar trauma dengan formasi Timnas Indonesia U-22 besutan Indra Sjafri tak disebutkan sama sekali dalam isi video tersebut.

Namun sang narator meyakini bahwa rasa trauma Myanmar itu dikarenakan Head to Head-nya yang kalah dengan Timnas Indonesia besutan Indra Sjafri.

Selain itu, Thumbnail dan judul video itu mengklaim bahwa Starting Line Up Timnas Indonesia U-22 untuk melawan Kamboja telah dirilis.

Padahal dalam isi video tersebut, hanya disebutkan prediksi Starting Line Up, bukan rilis resmi seperti yang diklaim INJURY TIME FC.

Apalagi biasanya Starting Line Up dirilis sesaat sebelum laga, maksimal satu jam sebelum pertandingan dilangsungkan.

Berkaca dari Thumbnail, judul, serta isi video yang diunggah INJURY TIME FC, maka informasi yang diberikan masuk dalam kategori disinformasi.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More