Arif Budi Setyanto
Shin Tae-yong disebut ganteng oleh netizen (Instagram/theaseanfootball)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyebutkan bahwa pemain timnas Indonesia punya fisik selevel permain Korea Selatan (Korsel). Tapi, yang membedakan adalah mental.

Shin Tae-yong belum lama ini meraih penghargaan bergengsi di negaranya, yaitu Hall of Fame K League. Penghargaan tersebut diadakan langsung oleh Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) memperingati 40 tahun kompetisi.

Shin Tae-yong memenangkan Hall of Fame K-League dalam kategori Stars untuk generasi ketiga. Hal itu diumumkan K League pada Selasa (2/5/2023).

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Indonesia U-22 vs Myanmar di SEA Games 2023 Hari Ini

Juru taktik asal Korea Selatan tersebut dianggap berkontribusi untuk kemajuan Liga Korea Selatan saat menjadi pesepak bola.

Mengutip Suara.com, Shin Tae-yong diketahui memenangkan penghargaan Rookie of the Year pada 1992, mencatatkan rekor sebagai pemain yang masuk dalam Starting XI terbaik dalam sembilan musim, serta terpilih sebagai pemain terbaik liga pada 1995.

Lebih dari itu, Shin Tae-yong yang berposisi sebagai gelandang mampu mengemas 99 gol dan 68 assist dalam 401 penampilannya di K League. Dia menyabet penghargaan "Stars" setelah mendapa suara gabungan sebanyak 21.881.

Baca Juga:
Ada Peran Simon McMenemy di Balik Fasilitas Mewah yang Didapat Timnas Indonesia U-22 di Kamboja

Dalam pidatonya, Shin Tae-yong menyinggung timnas Indonesia dalam pidatonya. Ia menyebut skuad Garuda punya fisik yang mirip dengan pemain Korsel, tapi kalah dari mental.

"Saya berperan sebagai evangelis K League di Indonesia. Pemain Indonesia memiliki kondisi fisi yang mirip dengan Korea Selatan. Tapi perlu saya tekankan (Korsel) bisa berada di Piala Dunia sebanyak 10 kali adalah soal mental," ucap Shin Tae-yong dikutip dari Chosun, Kamis (4/5/2023).

Nah, Shin Tae-yong pun pernah bertekad bahwa dirinya ingin membuat sejarah membawa timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia. Semoga hal tersebut bisa jadi kenyataan.

Load More