Irwan Febri Rialdi
Kiper keturunan Indonesia, Cyrus Margono. (Instagram/@cmargono)

Bolatimes.com - Cyrus Margono disebut tengah mengurus proses naturalisasinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini diungkapkan oleh Hamdan Hamedan, orang kepercayaan PSSI yang mengurus proses naturalisasi pemain.

Ia mengaku sedang membantu kiper Panathinaikos B yang memiliki darah Indonesia, Cyrus Margono, untuk mendapatkan kembali status WNI.

Disebutkan bahwa Ayah Cyrus, Johan, yang merupakan asli Indonesia, bertemu dengan Duta Besar (Dubes) RI untuk Yunani, Bebeb Djundjunan. Ditemani eks tangan kanan PSSI, Hamdan Hamedan, pertemuan itu membahas dimulainya proses pengambilan status WNI Cyrus secara resmi.

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Malaysia U-22 vs Laos, Grup B SEA Games 2023 Hari Ini

Lantas, berikut fakta menarik dari Cyrus Margono!

1. Pernah Berstatus WNI

Hamdan menyebut bahwa Cyrus sebetulnya sempat memiliki kewarganegaraan Indonesia, tapi belum resmi. Kiper berusia 21 tahun itu disebut belum memiliki paspor Indonesia.

Baca Juga:
Kiper Vietnam Bongkar Kelemahan Timnya Sendiri, Bisa Dimanfaatkan Timnas Indonesia U-22

Untuk menjadi WNI secara resmi, seseorang harus memiliki paspor dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kini, Cyrus pun disebut tengah berupaya mendapatkannya.

2. Berawal dari Klub Kampus

Cyrus Margono memulai karier sepak bolanya dengan bermain di klub milik Universitas of Kentucky, Ketucky Wildcats, Amerika Serikat.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Disebut Bakal Jadi Target Lawan Argentina di FIFA Matchday Juni 2023, Batal Tanding dengan Palestina?

Setelah membela Kentucky Wildcats, Cyrus Margono lantas membela universitas lainnya yaitu Denver Pionners yang berada di bawah naungan University of Denvers.

3. Darah Indonesia dari Ayah

Darah Indonesia yang mengalir dalam tubuh Cyrus Margono dikonfirmasi olehnya berasal dari sang ayah, sedangkan ibunya memiliki darah Persia (Iran).

Baca Juga:
Menang Tipis Lawan Timor Leste, Myanmar Ubah Strategi Lawan Timnas Indonesia U-22

Cyrus sendiri lahir di kota New York pada 9 November 2001. Ia mulai bermain sepak bola sejak usianya empat tahun.

4. Bermain di Liga Yunani

Setelah sempat membela Inter Milan Academy pada 2015 dan bermain untuk beberapa kampus di Amerika Serikat, Cyrus Margono memulai karier profesionalnya bersama Panathinaikos.

Ia bergabung dengan tim B Panathinaikos pada 2021 silam, tapi masih minim mendapat kesempatan bermain.

5. Ingin Bela Indonesia

Cyrus Margono dikabarkan pernah mengabaikan kontak dari salah satu tim pelatih Timnas Indonesia, namun ia mengaku sangat ingin membela Timnas Indonesia.

Cyrus bahkan bermimpi membela Timnas Indonesia di ajang Piala Dunia. Dia bercita-cita membawa Timnas Indonesia lolos di Piala Dunia terdekat, yakni 2026.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More