Arif Budi Setyanto
Cyrus Margono pemain berdarah Indonesia dikontrak Panathinaikos (Instagram/@cmargono)

Bolatimes.com - Mantan utusan PSSI, Hamdan Hamedan membagikan kabar bahwa Cyrus Margono sedang mengurus proses untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) secara mandiri.

Dalam beberapa waktu terakhir, banyak pemain keturunan yang diproses menjadi WNI agar bisa membela timnas Indonesia seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, hingga Rafael Struick.

Nama-nama tersebut diproses naturalisasi karena mendapatkan rekomendasi dari pelatih dan federasi atau PSSI.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Dapat Sedikit Keuntungan jelang Laga Lawan Myamnar, Apa Itu?

Menariknya ada satu nama, meski belum mendapatkan rekomendasi, tapi tetap berhasrat membela timnas Indonesia. Ia adalah Cyrus Margono yang berkarier di Panathianaikos B.

"Beberapa bulan lalu, salah satu pelatih di bawah Coach @shintaeyong7777 bertanya kepada saya terkait Cyrus Margono. Intinya, dia ingin mengamati @cmargono lebih dekat asalkan dia memiliki paspor Indonesia," tulis Hamdan Hamedan di narasi postingannya.

Baca Juga:
Rio Fahmi Bersinar di Timnas Indonesia U-22, Ramalan Thomas Doll Perlahan Jadi Kenyataan

Dikatakan bahwa Cyrus Margono pernah berkewarganegaraan Indonesia hingga usia 21 tahun. Namun, ia tidak memiliki paspor karena belum memilih.

Berkat hasratnya yang ingin membela timnas Indonesia, kini Cyrus mengurus proses naturalisasi secara mandiri. Ia pun dibantu oleh eks utusan PSSI, Hamdan Hamedan dalam prosesnua.

"Saya bersama Pak Johan (ayah Cyrus), Duta Besar @bebebdjundjunan di Yunani, dan Cyrus mulai membahas langkah-langkah agar ia dapat memenuhi syarat untuk membela Indonesia. Hari ini, Alhamdulillah, kami memulai proses untuk mendapatkan kembali kewarganegaraan Indonesia bagi Cyrus," jelasnya.

Baca Juga:
Soroti Penerjemah Shin Tae-yong yang Bongkar Kekurangan Timnas Indonesia U-22, Media Vientam: Timbulkan Kontroversi

"Semoga dengan demikian, bila suatu saat nanti Garuda memanggil, Cyrus dapat memenuhi syarat (eligible) untuk membela Indonesia, negeri asal dan tempat tinggal ayahnya serta negeri di mana Cyrus menaruh cinta dan asanya," imbuhnya.

Nah, Hamdan Hamedan sendiri mengaku bukan agen atau perwakilan instansi manapun dalam membantu Cyrus untuk mendapatkan paspor Indonesia. Ia menyebutkan murni sebagai pecinta sepak bola yang ingin melihat timnas Indonesia punya skuad kompetitif.

Baca Juga:
Sadar Masih Banyak Kekurangan, Rio Fahmi Minta Timnas Indonesia U-22 Tak Lengah Lawan Myanmar

Load More