Husna Rahmayunita
Park Hang-seo latih Timnas Indonesia U-20? Cek faktanya. (YouTube/Delan channel)

Bolatimes.com - Baru-baru, kanal YouTube DELAN Channel mengunggah sebuah video yang narasinya berisi bahwa Park Hang-seo mendapatkan kontrak dari PSSI untuk melatih Timnas Indonesia U-20

Berdasarkan sebuah video yang diunggah DELAN Channel pada Minggu (30/4/2023), disebutkan Park Hang-seo telah tiba di Jakarta untuk meneken kontrak sebagai pelatih Timnas Indonesia U-20 yang baru.

“Tiba di Jakarta!! Park Hang-seo Terima Kontrak Latih Timnas U-20 – PSSI Nekat Beri Kejutan,” bunyi judul yang disematkan kanal YouTube DELAN Channel dalam video unggahannya tersebut.

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia U-22 yang Diprediksi Bakal Diparkir saat Hadapi Myanmar di SEA Games 2023

Tak hanya itu saja, kanal YouTube DELAN Channel juga menyelipkan sebuah pernyataan bahwa Park Hang-seo akan mendapatkan kontrak selama tiga tahun untuk menangani Timnas Indonesia U-20.

“PSSI Kontrak 3 Tahun Park Hang-seo Latih Timnas U-20,” bunyi narasi dalam thumbnail video tersebut.

Dalam foto yang menjadi thumbnail video tersebut, ada pula foto Park Hang-seo yang tengah mengangkat jersey Timnas Indonesia, dengan name set Hang Seo dan bernomor punggung satu. Bagaimana faktanya?

Baca Juga:
Analisis Kekurangan Timnas Indonesia U-22 vs Filipina, Penerjemah Shin Tae-yong Disebut Bisa Jadi Jose Mourinho

PENJELASAN

Sampai saat ini, belum ada pengumuman resmi dari PSSI soal nama pelatih baru yang akan ditunjuk untuk menangani Timnas Indonesia U-20.

Pihak federasi memang tengah mencari juru taktik baru. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bahkan menyebut bahwa sosok pelatih ini akan menjadi kejutan.

Baca Juga:
Penerjemah Shin Tae-yong Soroti Kekurangan Timnas Indonesia U-22 saat Kalahkan Filipina di SEA Games 2023

"Nanti akan ada kejutan di bulan Mei, tetapi tunggu dulu, jangan buru-buru. Target saya ke depan, antara timnas senior, muda, pembinaan, harus punya gaya permainan yang sama," terangnya.

Namun, sejauh ini, PSSI belum merilis sosok pelatih yang dimaksud. Sehingga, kursi pelatih Timnas Indonesia U-20 masih lowong.

KESIMPULAN

Baca Juga:
Profil Mauricio Souza, Eks Pelatih Flamengo yang Kini Tukangi Madura United

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi dan narasi yang disebarkan oleh kanal YouTube DELAN Channel itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Pasalnya, sampai saat ini PSSI belum mengumumkan sosok pelatih baru yang akan menangani Timnas Indonesia U-20. 

Dengan demikian, narasi yang dimuat oleh video unggahan kanal YouTube DELAN Channel itu merupakan hoaks karena tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More