Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan penerjemah Jeong Seok-seo. (Instagram/@jeongseokseo)

Bolatimes.com - Penerjemah Shin Tae-yong, Jeong Seok-seo atau Jeje menjadi sorotan netizen usai memberikan analisis pertandingan timnas Indonesia U-22 vs Filipina di SEA Games 2023.

Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 3-0, Sabtu (29/4/2023). Tiga gol itu dicetak Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, dan Fajar Fatur Rahman.

Meski menang telak, timnas Indonesia U-22 dianggap masih punya kekurangan. Hal itu diungkapkan oleh asisten Shin Tae-yong, Jeje.

Baca Juga:
Beda Nasib Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia: Shayne Pattynama Cetak Gol, Sandy Walsh Gigit Jari

Menurutnya, bek timnas Indonesia U-22 masih terlalu santai dan membebankan tanggung jawab ke kiper usai melakukan backpass. Sehingga build up dari bawah kurang maksimal.

Menit ke-17 waktu itu bek umpan ke kiper, tapi setelah itu tidak ada yang gerak (mendekat ke kiper). Artinya mengalihkan tanggung jawab ke kiper. Habis itu kiper ditekan lawan dan bola ditendang jadi out," ucap Jeje di akun TikTok pribadinya.

"Kiper pun sebenarnya harus dianggap pemain field, bukan cumah menangkap bola tapi juga ya bisa bermain dengan kaki. Jadi untuk itu harus ada gerakan yang lebih baik," imbuhnya.

Baca Juga:
3 Alasan Timnas Indonesia U-22 Bisa Kalahkan Myanmar di Laga Kedua SEA Games 2023

Lebih lanjut, Jeje membeberkan pemain timnas Indonesia U-22 beberapa kali membiarkan lawan melakukan crossing.

"Pada menit ke-37 memang bukan momen ini saja, lawan dibiarkan melakukan crossing. Harusnya datang (press) biar tidak bisa melakukan crossing," ujar Jeje.

Melihat analisa yang dilakukan Jeje tersebut, netizen ikut takjub. Mereka bahkan menyebut penerjemah Shin Tae-yong bisa mengikuti jejak Jose Mourinho yang awalnya seorang penerjamah dan kini menjadi pelatih ternama.

Baca Juga:
Reaksi Keisuke Honda usai Kamboja Bantai Timor Leste, Sentil Timnas Indonesia U-22

"Jeje bisa nih jadi Mourinho, awalnya penerjemah tapi jadi pelatih," komentar stev***

"Yok Jose Mourinho Korsel bisa yok," seru curi***

"Bang daftar jadi pelatih aja bang, ternyata berbakat juga anda," tulis yog***

Baca Juga:
Ruang Ganti Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 Disorot Netizen, Barang Tak Terduga Jadi Penyebabnya

Sementara itu, timnas Indonesia U-22 masih akan bertanding melawan tiga lawan di SEA Games 2023, yakni Myanmar, Timor Leste, dan tuan rumah Kamboja.

Load More