Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22 Fajar Faturahman dan Irfan Jauhari usai kalahkan Filipina di grup A SEA Games 2023. (Twitter/@pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 berhasil menaklukkan Filipina pada laga perdana grup A SEA Games 2023 yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (29/4/2023) sore WIB. Timnas U-22 menang 3-0.

Tiga gol kemenangan Timnas Indonesia U-22 masing-masing disumbangkan oleh Marselino Ferdinan (45'), Irfan Jauhari (90') dan Muhammad Fajar Fathurrahman (90+2').

Timnas Indonesia U-22 memimpin klasemen sementara grup A SEA Games 2023 setelah mengalahkan Filipina di laga pembuka.

Baca Juga:
Bek Timnas Indonesia U-22 Sebut Thomas Doll Selalu Beri Tekanan kepada Pemainnya, Ini Alasannya

Jalannya Laga

Sejak awal laga, Timnas Indonesia U-22 tampil mendominasi meski cukup kerepotan menembus pertahanan Filipina.

Timnas Indonesia U-22 sempat mendapat peluang saat laga memasuki menit keenam. Namun, Witan Sulaeman gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Baca Juga:
Daftar Pemain Vietnam U-22 di SEA Games 2023, Full Penggawa Lokal

Sulit sekali bagi skuad Garuda mengeluarkan permainan terbaik di babak pertama ini. Kelihatan tim Merah Putih masih suka salah passing dan tak bisa memanfaatkan peluang yang ada untuk menembus pertahanan Filipina.

Sedangkan Filipina di kurung pertahanannya oleh Timnas Indonesia U-22. Tetapi, mereka cukup berbahaya ketika melakukan serangan, meski masih bisa diantisipasi Rizky Ridho dan kolega.

Percobaan di segala lini sudah dilakukan, namun tidak berhasil. Barulah, angin segar datang di penghujung babak pertama.

Baca Juga:
Beckham Putra Tengah Fokus SEA Games 2023 di Kamboja, Persib Bandung Malah Berikan Hadiah Tak Terduga

Umpan tarik Rio Fahmi dieksekusi dengan sempurna oleh Marselino Ferdinan memecah kebuntuan. Timnas Indonesia U-22 unggul 1-0 di babak pertama.

Babak kedua, jalannya pertandingan tidak banyak berubah. Timnas Indonesia U-22 masih kuasai permainan di awal babak kedua ini.

Witan Sulaeman dkk masih terus menekan sejak babak kedua dimulai. Namun, Filipina semakin kokoh menjaga pertahanannya.

Baca Juga:
Respons Tak Terduga Pemain Keturunan Berdarah Jawa untuk Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 sempat mendapat peluang dari titik putih setelah Witan dilanggar di area terlarang pada menit 59. Tetapi sayang Rizky Ridho yang dipercaya sebagai algojo tendangannya mampu dipatahkan kiper Filipina.

Timnas Indonesia U-22 terus bombardir pertahanan lawan. Penyelesaian akhir yang dilakukan menjadi sorotan lantaran selalu gagal berbuah gol.

Sementara Filipina terlihat masih sangat kesulitan keluar dari tekanan pemain-pemain Timnas Indonesia U-22. Segala upaya telah dilakukan, tetapi selalu gagal menembus pertahanan Garuda Muda.

Upaya Timnas Indonesia U-20 akhirnya berhasil pada menit ke-89. Mendapatkan umpan manja, Irfan Jauhari dengan tenang memasukan bola ke dalam gawang Filipina sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Rio Fahmi lagi-lagi menunjukan kelasnya tidak lama gol tersebut terjadi. Pemain Persija itu kembali membuat assist indah untuk gol yang diciptakan oleh Fajar Fatturachman yang mengubah skor jadi 2-0.

Tidak ada lagi gol tercipta sampai peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan. Timnas Indonesia U-22 menang telak 3-0 atas Filipina.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-22 XI (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi; Rio Fahmi, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Beckham Putra, Ananda Raehan, Marselino Ferdinan, Ramadhan Sananta, Jeam Kelly Sroyer.

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Filipina U-22 XI (4-3-3): Julian Kammeraad; Santiago Rublico, Kamil Jaser Rendon Amirul, Jacob Pena, Yrick Gallantes; Gavin Muenz, Noah River Leddel, David Kevin Setters; Dennis Salazar Chung, Pocholo Bugas, Ndres Rafael Aldeguer.

Pelatih: Rob Gier

Load More