Husna Rahmayunita
Pemain keturunan, Rafael Struick jalani latihan pertama dengan timnas Indonesia U-20. (Instagram/rafaelstruick)

Bolatimes.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengungkap kelanjutan proses naturalisasi dua pemain keturunan Belanda, Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Arya Sinulingga mengisyaratkkan proses naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick dilanjutkan setelah pekan ketiga Mei 2023, atau usai keduanya menyelesaikan kompetisi bersama klub masing-masing.

Namun, Arya tak secara spesifik menyebut waktu atau tanggal proses tersebut. Hal itu diungkapkannya melalui unggahan di Instagram, Jumat (28/4/2023).

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Indonesia U-22 vs Filipina di SEA Games 2023 Sore Ini

"Ivar Jenner dan Rafael Struick selesai kompetisi Mei minggu ke-3 akhir, proses menunggu mereka selesai kompetisi," tulis @arya.m.sinulingga di Instagram

Exco PSSI bahas kelanjutan proses naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick. (Instagram)

Ivar Jenner dan Rafael Struick dipastikan melanjutkan proses naturalisasi agar bisa berseragam Merah Putih usai batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, berbeda dengan Justin Hubner yang dicoret.

Sebelumnya, ketiga pemain diproyeksi untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Namun, kejuaraan tersebut batal digelar di Indonesia menyusul keputusan FIFA.

Baca Juga:
Absen Bela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023, Ronaldo Kwateh Curhat Sedih

Proses naturalisasi tiga pemain sejatinya telah disetujui oleh DPR RI dalam sidang paripurna, Selasa (21/3/2023).

Namun dalam perjalanannya, hanya Ivar Jenner dan Rafael Struick yang sepakat untuk melanjutkan proses alih kewarganegaraan menjadi WNI, sedangkan Justin Hubner batal karena PSSI tak bisa memenuhi permintaan sang pemain.

PSSI sempat menerangkan kemungkinan Ivar Jenner dan Rafael Struick disumpah WNI setelah Lebaran 2023.

Baca Juga:
Pelatih Filipina Mulai Tebar Psywar, Sebut Kalau Timnya Lebih Siap Ketimbang Timnas Indonesia U-22

Load More