Husna Rahmayunita
Cek Fakta Jordi Amat bogem pemain Malaysia hingga pingsan. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Beredar narasi yang menyebut pemain naturalisasi Tmnas Indonesia, Jordi Amat mengamuk di Liga Malaysia hingga adu jotos.

Kabar ini dibagikan oleh kanal YouTube Kreator Bola melalui video yang diunggah pada Jumat (28/4/2023).

Memuat judul 'Jordi Amat Ngamuk Parah!! Liga Malaysia Geger Usai Pemain Timnas Gelud Brutal Adu Bogem'.

Baca Juga:
Daftar Pemain Filipina U-22 di SEA Games 2023, Ada Kiper Kesayangan Indra Sjafri

Lewat judul tersebut kanal YouTube Kreator Bola membuat opini seolah-olah Jordi Amat terlibat dalam perkelahian antarpemain.

Saking parahnya amukan itu sampai membuat Liga Malaysia geger, meskipun dalam narasi yang dibacakan tidak menjelaskan hal itu.

Lantas benarkah hal itu?

Baca Juga:
SEA Games 2023: Indra Sjafri Enggan Prediksi Calon Lawan Timnas Indonesia U-22 Andai ke Semifinal

PENJELASAN

Hasil penelusuran, jika dilihat dari video yang disertakan Kreator Bola, Jordi Amat memang terlibat keributan antar pemain di laga Johor Darul Takzim melawan Levski Sofia.

Bukan di Liga Malaysia. Tepatnya di laga uji coba yang digelar di Stadion Jaber Ali Centre, Dubai pada 28 Januari 2023 dan berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan JDT.

Baca Juga:
Duel Lawan Filipina, Indra Sjafri Ingatkan Target Timnas Indonesia U-20 Emas SEA Games 2023

Pemicu perkelahian diawali aksi Fernando Forestieri yang memukul pemain Levski Sofia, hal ini memicu amarah pemain lain.

Tampak pemain lain Levski Sofia melayangkan pukulan balasan, Jordi Amat pun bereaksi dan mencoba melerai keributan serta melindungi Forestieri.

Wasit yang memimpin jalannya dianggap tidak tegas, para pemain Levski Sofia memilih untuk langsung masuk ke ruang ganti.

Baca Juga:
Profil Alwi Farhan, Pebulu Tangkis 18 Tahun Jadi Debutan Indonesia di SEA Games 2023

Mereka memilih untuk tidak melanjutkan permainan, laga pun tak dilanjutkan sampai selesai dan menimbulkan kekecewaan.

KESIMPULAN

Dari video pertandingan yang disertakan telah menjawab narasi liar Kreator Bola yang menyebut Jordi Amat mengamuk dan membuat geger Liga Malaysia.

Faktanya, laga digelar di Dubai bertajuk uji coba dan reaksi Jordi Amat hanya sebatas melerai pertikaian serta melindungi rekan setimnya.

Jordi Amat tidak mengamuk dan membuat geger Liga Malaysia, sehingga kabar yang diwartakan kanal YouTube Kreator Bola tidak benar alias hoaks.

Kontributor: Eko
Load More