Irwan Febri Rialdi
Michael Essien. (Sumber: Persib.co.id)

Bolatimes.com - Belakangan ini, nama penyerang asal Prancis, Jeremy Menez, tengah meramaikan bursa transfer sepak bola Indonesia. Sebelum nama ini muncul, sebetulnya sudah ada banyak pemain top Eropa yang singgah di era Liga 1.

Jeremy Menez tentu bakal mengikuti jejak para pesepak bola top lainnya yang sudah lebih dahulu merasakan atmosfer kompetisi sepak bola Indonesia.

Sebab, sebelumnya sudah ada banyak pemain dengan nama besar sekaligus rekam jejak yang mentereng yang mewarnai kancah persepakbolaan nasional. 

Baca Juga:
Resmi, Marian Mihail Jadi Pelatih Baru PSS Sleman Gantikan Seto Nurdiantoro

Nama-nama ini sebagian besar memang datang pada saat Liga 1 menggunakan regulasi marquee player pada musim 2017.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan nama pemain top Eropa yang pernah direkrut klub asal Indonesia sebelum munculnya nama Jeremy Menez.

1. Michael Essien

Baca Juga:
Kata Marselino Ferdinan jelang Laga Perdana Lawan Filipina di SEA Games 2023

Pergerakan transfer Persib Bandung pada awal musim Liga 1 2017 sempat membuat gempar karena mereka merekrut Michael Essien untuk mengisi slot marquee player.

Ketika itu, Essien secara mengejutkan menolak tawaran dari klub Australia, Melbourne Victory. Namun, mantan pemain Real Madrid dan Chelsea ini hanya bermain semusim bersama Persib Bandung.

2. Loris Arnaud

Baca Juga:
Thailand Disebut-sebut Bakal Rebut Medali Emas SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 dan Vietnam Diremehkan

Selanjutnya, pemain top yang juga sempat memutuskan untuk meniti karier di sepak bola Indonesia ialah striker asal Prancis, Loris Arnaud.

Mantan pemain Paris Saint-Germain ini tercatat pernah memperkuat dua klub Indonesia, yakni Persela Lamongan (2018) dan Tira-Persikabo (2019).

3. Danny Guthrie

Baca Juga:
Seru, Pemain Garuda Select Bakal Meriahkan Laga Perang Bintang

Pemain jebolan kompetisi elite Eropa lainnya yang tercatat pernah mengadu nasibnya di Indonesia ialah Danny Guthrie. Gelandang asal Inggris ini sempat bermain untuk Mitra Kukar pada Liga 1 2018.

Sebelumnya, dia memang sempat bermain bersama sejumlah klub elite Inggris seperti Liverpool, Southampton, Newcastle United, Fulham, Reading, hingga Blackburn Rovers.

4. Didier Zokora

Regulasi penggunaan marque player Liga 1 2017 sempat memunculkan satu nama menarik, yakni Didier Zokora. Mantan bek Timnas Pantai Gading ini saat itu bermain bersama Semen Padang.

Zokora punya rekam jejak yang mentereng sebelum datang ke Indonesia. Sebab, ia sempat bermain bersama beberapa klub elite seperti Tottenham Hotspur hingga Sevilla.

5. Julien Faubert

Borneo FC juga tercatat pernah membuat kejutan di bursa transfer ketika mendatangkan gelandang asal Prancis, Julien Faubert.

Sebelum direkrut Borneo FC pada 2018, Faubert memang sempat bermain bersama sejumlah klub elite Eropa. Mulai dari West Ham United, Real Madrid, hingga Bordeaux.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More