Irwan Febri Rialdi
Marselino Ferdinan cetak gol debut di Liga 2 Belgia. (Instagram/kmskdeinze)

Bolatimes.com - Para pemain Indonesia yang berkarier di Eropa mencatatkan performa yang mengesankan pada akhir pekan ini. Sebab, ada dua pemain yang mencetak assist, sedangkan satu lainnya mengukir gol debut.

Ketiga pemain yang tampil istimewa di Eropa ini ialah Shayne Pattynama, Sandy Walsh, dan Marselino Ferdinan. Dua nama pertama sukses mencetak assist untuk timnya masing-masing.

Shayne Pattynama, misalnya, berhasil menyelamatkan timnya, Viking FK, dari kekalahan. Momen ini terjadi ketika melawan Tromso di Stadion Alfheim, Troms, Minggu (23/4/2023).

Baca Juga:
Curi Start, Filipina Sudah Tiba di Kamboja Langsung Kebut Persiapan Lawan Timnas Indonesia U-22

Pada laga ini, Viking FK sempat tertinggal dahulu lewat penalti Vegard Erlien pada menit ke-30. Viking FK pun akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-70.

Momen ini bermula dari umpan yang dikirimkan Shayne Pattynama kepada Sander Svendsen. Gol ini sukses membuat kedudukan berimbang menjadi 1-1 dan bertahan hingga pertandingan berakhir.

Pencapaian serupa juga dicatatkan Sandy Walsh. Bedanya, kontribusi yang diberikan Sandy ikut membantu timnya KV Mechelen meraih hasil positif saat menghadapi Anderlecht.

Baca Juga:
Momen Pemain Newcastle Cetak 5 Gol dalam 21 Menit ke Gawang Tottenham, Hugo Lloris Auto Kena Mental

Pada pertandingan yang berlangsung di Lotto Park, KV Mechelen sukses menang tipis dengan skor 3-2 atas Anderlecht. Sandy Walsh pun menyumbangkan satu assist pada pertandingan ini.

Momen tersebut tepatnya terjadi pada menit ke-40. Gol yang dicetak oleh Rob Schoofs ini bermula dari umpan tarik Sandy Walsh yang dikirimkan ke area kotak penalti.

Bola yang sukses disambar oleh Rob Schoofs pun tak mampu dijangkau oleh penjaga gawang Anderlecht.

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Cetak Gol Debut di Liga Belgia, Indra Sjafri Ikut Senang

Yang terakhir, ada nama Marselino Ferdinan. Wonderkid Timnas Indonesia ini berhasil mencetak gol debutnya bersama KMSK Deinze pada laga lanjutan kasta kedua Liga Belgia.

Mendapatkan umpan terobosan dari rekan setimnya, eks Persebaya Surabaya ini menusuk kanan pertahanan lawan. 

Seusai menggiring bola hingga memasuki area kotak penalti, Marselino Ferdinan langsung melepaskan tembakan yang tak bisa dibendung kiper Virton.

Baca Juga:
Pernah Dipermalukan Elkan Baggott, Pemain Naturalisasi Malaysia Cetak Rekor Apik

Gol debut yang dicatatkan pemain berusia 18 tahun itu pun sukses menggenapi kemenangan KMSK Deinze dengan skor 3-2 atas Virton dalam lanjutan relegation round Liga 2 Belgia, Sabtu (22/4/2023).

Sayangnya, gol ini seperti menjadi momen perpisahan Marselino Ferdinan dengan KMSK Deinze. Sebab, dia harus pulang ke Indonesia untuk memenuhi panggilan Skuad Garuda Muda yang bersiap menghadapi SEA Games 2023.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More