Rauhanda Riyantama
Lionel Messi memenangakan gelar Ballon d'Or ketujuh. (FRANCK FIFE / AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain Barcelona yang pernah merasakan meraih penghargaan individu tertinggi di dunia sepak bola, yakni Ballon d’Or.

Barcelona merupakan salah satu klub besar di jagat sepak bola. Sematan ini tak lepas dari prestasi klub yang bermarkas di Catalunya tersebut.

Selain karena prestasinya, nama besar Barcelona tak lepas dari deretan bintang bernama besar yang pernah bermain bagi klub tersebut.

Baca Juga:
Mengenal Stanley Matthews, Pesepak Bola Pertama yang Raih Ballon d'Or pada 1956

Hampir seluruh pemain terbaik dari berbagai belahan dunia pernah menjadi bagian dari klub berjuluk Blaugrana tersebut.

Hadirnya para pemain bintang bernama besar ini pun kemudian memberikan Barcelona kejayaan dari masa ke masa.

Bak simbiosis mutualisme, para pemain bintang yang membawa Barcelona ke kejayaan ini juga mendapat berkah berupa penghargaan individu sekelas Ballon d’Or.

Baca Juga:
Dikaitkan dengan Timnas Indonesia, Begini Respons Tak Terduga Pelatih Thailand

Dalam sejarah penghargaan ini, memang Barcelona menjadi salah satu tim yang paling banyak menyumbangkan pemenang, bersama dengan Real Madrid.

Total sudah 12 gelar Ballon d’Or yang didapatkan oleh Barcelona lewat pemain-pemainnya, jumlah yang sama dengan rival abadinya tersebut.

Lantas, siapa saja para pemain yang mampu meraih Ballon d’Or kala berseragam Barcelona? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Indra Sjafri Mulai Seleksi 20 Pemain Timnas Indonesia U-22, Siapa yang Dicoret?

1. Lionel Messi

Tak ada yang memungkiri kapasitas Lionel Messi sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa Barcelona dan dunia, mengingat kiprahnya yang mentereng dengan meraih beragam gelar bergengsi.

Karena magisnya bersama Barcelona itu, Messi mampu meraih enam gelar Ballon d’Or yakni pada tahun 2009, 2011, 2012, 2013, 2016, dan 2019.

Baca Juga:
Profil Bruna Biancardi, Perempuan Cantik yang Mengandung Anak Kedua Neymar

2. Johan Cruyff

Johan Cruyff merupakan pesepak bola legendaris asal Belanda dan menjadi salah satu sosok yang membawa kejayaan untuk Barcelona saat berstatus sebagai pemain dan saat berstatus sebagai pelatih.

Dalam kariernya sebagai pemain Barcelona, ia mampu meraih dua gelar Ballon d’Or pada tahun 1973 dan 1974. Dua gelar ini pun menambah torehannya yang sebelumnya meraih satu gelar itu saat bersama Ajax Amsterdam pada 1971.

3. Luis Suarez (Spanyol)

Sebelum Luis Suarez dari Uruguay membela Barcelona pada 2014-2020, Blaugrana sempat memiliki sosok Luis Suarez dari Spanyol di era 60 an.

Pria bernama lengkap Luis Suarez Miramontes ini menjadi pemain Barcelona pertama yang meraih Ballon d’Or pada tahun 1960.

4. Hristo Stoichkov (Bulgaria)

Saat Johan Cruyff pensiun dan menjadi pelatih Barcelona, ia memiliki seorang pemain dengan talenta luar biasa pada diri Hristo Stoichkov.

Di tangannya, Stoichkov mampu menjadi salah satu penyerang mematikan di dunia, sehingga ia berhasil membawa Bulgaria ke semifinal Piala Dunia 1994 dan meraih Ballon d’Or di tahun yang sama.

5. Rivaldo (Brasil)

Rivaldo menjadi salah satu pemain Barcelona yang meraih Ballon d'Or pada 1999. Kala itu ia tampil apik dengan mengoleksi 24 gol dan menjadi top skor Barcelona di musim tersebut.

Ia sekaligus menjadi runner-up top skor Liga Spanyol di bawah Raul Gonzalez yang mengoleksi 25 gol.

6. Ronaldinho (Brasil)

Sebelum era Lionel Messi, Barcelona punya pemain dengan kemampuan olah bola menawan pada sosok Ronaldinho yang diboyong dari Paris Saint-Germain pada 2003.

Dua tahun setelah kepindahannya ke Barcelona, Ronaldinho kemudian meraih gelar Ballon d’Or 2005 dan meneruskan kiprah pemain Brasil yang rutin meraih gelar individu ini di era 90 an dan awal 2000 an.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More