Rauhanda Riyantama
Bangbang Syamsudar, wasit terbaik BRI Liga 1 2022-2023. [PT Liga Indonesia Baru]

Bolatimes.com - BRI Liga 1 2022-2023 menghadirkan kisah unik usai penyelenggaraannya rampung, di mana penghargaan untuk wasit terbaik justru diberikan kepada hakim garis.

Kompetisi kasta teratas sepak bola Indonesia, Liga 1, telah menuntaskan musim 2022-2023 yang ditutup lewat laga PSM Makassar vs Borneo FC, Minggu (16/4).

Usai berakhirnya pertandingan yang berkesudahan 3-0 itu, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memberikan penghargaan untuk tim dan individu terbaik sepanjang musim ini.

Baca Juga:
Mengenal Stanley Matthews, Pesepak Bola Pertama yang Raih Ballon d'Or pada 1956

Penghargaan pertama diberikan kepada PSM yang berhasil menjadi kampiun Liga 1 2022-2023 usai menuntaskan kompetisi dengan duduk di puncak klasemen.

Setelahnya PT LIB memberikan penghargaan individu kepada Wiljan Pluim sebagai pemain terbaik Liga 1, Bernardo Tavares sebagai pelatih terbaik, dan Matheus Pato sebagai top skor.

Tak hanya itu, PT LIB juga memberikan penghargaan lainnya seperti pemain muda terbaik untuk Rio Fahmi, gol terbaik kepada Matheus Pato, dan tim Fair Play kepada Bhayangkara FC.

Baca Juga:
Dikaitkan dengan Timnas Indonesia, Begini Respons Tak Terduga Pelatih Thailand

Usai penghargaan kepada tim dan para pemain Liga 1, PT LIB memberikan apresiasi kepada para wasit dengan gelar wasit terbaik yang dimenangkan oleh Bangbang Syamsudar.

Uniknya, gelar wasit terbaik ini diberikan kepada Bangbang Syamsudar yang ternyata adalah seorang hakim garis atau asisten wasit. Kok bisa?

Karena Konsisten

Baca Juga:
Indra Sjafri Mulai Seleksi 20 Pemain Timnas Indonesia U-22, Siapa yang Dicoret?

Usut punya usut, terpilihnya Bangbang Syamsudar yang merupakan seorang asisten wasit sebagai wasit terbaik Liga 1 tak lepas karena konsistensinya dalam mengambil keputusan.

Tercatat Bangbang Syamsudar telah menjadi hakim garis dalam 17 laga di Liga 1 2022-2023, di mana ia dipercaya menjadi asisten wasit untuk empat laga terakhir yakni pekan ke-31, 32, 33, dan 34.

Saat menemani wasit utama memimpin laga, wasit yang punya lisensi FIFA ini mampu mengambil keputusan tepat, sehingga membantu wasit utama tak membuat keputusan kontroversial.

Baca Juga:
Profil Bruna Biancardi, Perempuan Cantik yang Mengandung Anak Kedua Neymar

Sebagai informasi, hakim garis atau asisten wasit di Liga 1 2022-2023 kerap disorot karena beberapa kali mengeluarkan keputusan aneh terutama perihal aturan Offside.

Sehingga, penghargaan yang diberikan kepada Bangbang Syamsudar sebagai hakim garis merupakan apresiasi atas kinerjanya.

Apalagi peran hakim garis kerap menjadi sorotan netizen atas keputusan-keputusan yang merugikan sepanjang gelaran Liga 1 2022-2023.

Di sisi lain, terpilihnya Bangbang Syamsudar sebagai wasit terbaik meski berstatus hakim garis seakan menjadi tamparan kerap bagi para wasit utama di Liga 1 2022-2023.

Bagaimana tidak, penghargaan wasit terbaik justru mampir ke seorang hakim garis ketimbang wasit utama yang punya kekuasaan penuh dan dianggap pemimpin saat di lapangan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More