Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Potret pemain Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengklaim bahwa Liga Indoneia musim 2023/2024 sudah tersusun dengan baik dan sudah disesuaikan dengan agenda Timnas Indonesia.

Sebelumnya, proses pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia kerap menghadirkan polemik. Musim ini, pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll kerap bersitegang dengan juru taktik skuad Garuda, Shin Tae-yong.

Arya menjelaskan kini jadwal kompetisi khususnya Liga 1 sudah tersusun dengan baik. Kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air tersebut sudah disesuaikan dengan agenda tim nasional Indonesia.

Baca Juga:
Garuda Select Pecundangi Arsenal, Netizen Colek Ketum PSSI hingga Shin Tae-yong

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga. [PSSI]

Alhasil, nantinya tidak ada lagi kegaduhan akibat pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia. Hal ini membuat klub lebih leluasa melepas pemain tanpa merasa keberatan.

"Jadwal sudah terjadwal dan tertata rapi sesuai dengan keperluan timnas Indonesia," kata Arya kepada awak media beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Thomas Doll sempat merasa keberatan lantaran ada banyak pemain Persija yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani Training Camp (TC) jangka panjang Timnas Indonesia U-20.

Baca Juga:
Tak Berdaya, Kiper Arsenal Pasrah Gawangnya Dijebol Bomber Garuda Select

Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 (kanan) menyalami pesepak bola Timnas Lebanon U-22 sebelum laga uji coba internasional kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (16/4/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU

Doll mengeluhkan soal pemusatan latihan jangka panjang yang digelar di luar agenda FIFA matchday di mana klub sejatinya berhak untuk menolak pemainnya di panggil tim nasional.

Tak hanya Thomas Doll, beberapa pelatih di Liga Indonesia juga melakukan protes. Tentu mereka berharap kejadian serupa tidak lagi terjadi musim yang akan datang.

"Jangan ribut-ribut lagi, pelatih ini ribut, pelatih itu ribut. Ini sudah kami sesuaikan jadwal pertandingan semuanya supaya enak," pungkas Arya Sinulingga.

Baca Juga:
Siapkan Kejutan, PSSI Datangkan Argentina Jadi Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni?

Belum diketahui secara detail kapan Liga 1 2023/2024 akan bergulir. Regulasi dan aturan mainnya juga belum ada kejelasan bakal berubah atau tetap sama seperti musim ini.

Pasalnya, ada wacana Liga 1 2023/2024 akan mengalami perubahan format. Yang menjadi sorotan adalah ada babak play-off buat menentukan juara kompetisi.

Baca Juga:
SEA Games 2023 Semakin Dekat, Timnas Indoesia U-22 Masih Banyak PR

Load More