Rauhanda Riyantama
Justin Hubner gagal melanjutkan naturalisasi Indonesia (Instagram/justinhubner5)

Bolatimes.com - Mengupas kronologi pemain keturunan asal Belanda, Justin Hubner, hingga batal dinaturalisasi, di mana penyebab utamanya karena permintaannya tak dipenuhi.

Publik Tanah Air dikejutkan dengan kabar terbaru terkait pemain keturunan, usai Justin Hubner batal dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

Kabar ini dikonfirmasi oleh Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, yang menyebut bahwa pihaknya tak melanjutkan naturalisasi terhadap pemain Wolverhampton Wanderers itu.

Baca Juga:
Jangan Gampang Puas, Timnas Indonesia U-22 Diminta Kuatkan Fisik Jelang SEA Games 2023

Usut punya usut batalnya naturalisasi itu karena buntunya negosiasi yang dilakukan antara pihak PSSI dengan pihak sang pemain.

Arya Sinulingga pun mengklaim ada permintaan dari pihak Justin Hubner yang tak bisa dipenuhi oleh induk sepak bola Indonesia tersebut.

Kabar ini pun kemudian menjadi bahan perbincangan pecinta sepak bola Indonesia. Bahkan muncul isu bahwa sang pemain meminta uang untuk naturalisasinya.

Baca Juga:
Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Ketum PSSI-nya Argentina: Terima Kasih Gubernur

Dalam rumor yang beredar, Justin Hubner meminta uang sebesar 1 juta euro (Rp16 miliar) untuk naturalisasi, sehingga isu ini dianggap penyebab PSSI batal menaturalisasinya.

Meski belum ada konfirmasi terkait permintaan apa yang diajukan Justin Hubner, rumor itu telah menjadi bola salju dan perlahan dipercayai oleh publik Tanah Air.

Terlepas dari isu yang belum diketahui kebenarannya itu, ada baiknya mengupas kronologi Justin Hubner hingga batal dinaturalisasi.

Baca Juga:
Liverpool Bantai Leeds, Jurgen Klopp Puji Selangit The Reds

Justin Hubner saat membela Timnas Indonesia U-20 dalam laga uji coba. (Dok. PSSI)

Perjalanan Naturalisasi Justin Hubner

Justin Hubner menjadi salah satu nama yang diajukan Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi guna membela Timnas Indonesia U-20 pada Piala Dunia U-20 2023.

Karena diajukan oleh Shin Tae-yong, PSSI melalui sang Direktur Teknik, Indra Sjafri, terbang ke Belanda untuk menemui keluarga sang pemain.

Baca Juga:
Setelah Lebaran, Timnas Indonesia akan Punya Dua Pemain Naturalisasi Baru

Dalam kunjungan itu, keluarga Justin Hubner merestui kepindahan kewarganegaraannya sekaligus memastikan bahwa pemain berusia 19 tahun ini punya darah Indonesia.

Usai mendapat restu, PSSI era Mochamad Iriawan pun mengundang Justin Hubner beserta Ivar Jenner untuk datang ke Indonesia.

Usai datang ke Indonesia, proses naturalisasi keduanya pun dimulai. Komisi X DPR RI bahkan menyetujui proses naturalisasi keduanya, beserta Rafael Struick yang baru sepakat dinaturalisasi beberapa bulan berselang.

Ketiganya bahkan sudah bergabung dengan pelatihan Timnas Indonesia U-20 yang saat itu melakoni pemusatan latihan di Spanyol.

Dalam sidang paripurna ke-19 Masa Sidang IV tahun sidang 2022-2023, DPR RI pun memberikan Kewarganegaraan Indonesia kepada Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Setelah itu, proses naturalisasi pun berlanjut ke Sekretariat Presiden untuk menunggu Surat Keputusan Presiden sebelum diambil ketiganya diambil sumpah.

Akan tetapi, proses naturalisasi itu sempat terhenti setelah Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia, dan membuat netizen serta PSSI mempertanyakan komitmen ketiganya.

Nah, dari sanalah diketahui komitmen Justin Hubner sedikit diragukan usai dirinya juga kedapatan bergabung pelatihan Timnas Belanda U-20.

Dari kabar yang beredar, dirinya kabarnya masih berminat menjadi WNI, terlepas dari statusnya yang saat itu jadi bagian Timnas Belanda U-20.

Kemudian naturalisasi ini menjadi polemik. Di saat Ivar Jenner dan Rafael Struick siap dinaturalisasi, Justin Hubner justru memberikan permintaan untuk syarat naturalisasinya.

Permintaan ini pun tak dapat dipenuhi oleh PSSI, sehingga diputuskan bahwa naturalisasi Justin Hubner tidak dilanjutkan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More