Rauhanda Riyantama
PSM Makassar berhasil keluar sebagai juara BRI Liga 1 2022/2023. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/nym)

Bolatimes.com - BRI Liga 1 2022-2023 baru saja berakhir. Akan tetapi perhelatannya masih menyisakan tanda tanya besar, seiring tak adanya hadiah untuk pemenang kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia tersebut.

Liga 1 musim 2022-2023 telah resmi berakhir, usai masing-masing tim telah menyelesaikan 34 pertandingan untuk musim ini.

Untuk musim ini, PSM Makassar keluar sebagai tim terbaik pasca mengakhiri musim dengan menduduki puncak klasemen.

Baca Juga:
Gagal Juara BRI Liga 1 2022-2023, Luis Milla Didukung Tetap Tukangi Persib Bandung

Tim berjuluk Juku Eja itu memastikan gelar juaranya di pekan ke-32 kala membungkam tuan rumah Madura United dengan skor 3-1 (31/3).

Gelar juara ini pun mengakhiri penantian gelar liga bagi tim kebanggaan kota Makassar itu, yang telah berlangsung selama 23 tahun lamanya.

Usai dipastikan menjadi juara, PSM baru bisa mengangkat trofi Liga 1 2022-2023 di pekan terakhir, atau pekan ke-34 melawan Borneo FC, Minggu (16/4).

Baca Juga:
Jadwal Garuda Select vs Arsenal, Malam Ini Live di Mola TV

Pasca mengalahkan Borneo FC dengan skor 3-0, PSM kemudian sah menjadi kampiun dengan melakukan seremoni pengangkatan trofi juara.

Layaknya kampiun-kampiun di kompetisi lainnya, seharusnya tim yang juga berjuluk Ayam Jantan dari Timur ini juga mendapatkan hadiah selain trofi karena berhasil menjadi juara.

Namun fakta baru terungkap belakangan ini, di mana PSM yang jadi juara Liga 1 2022-2023 ternyata tak mendapat hadiah sama sekali selain trofi juara.

Baca Juga:
Susun Rencana, PSSI Targetkan Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2038, Realistis atau Muluk-muluk?

Fakta ini diungkapkan akun Instagram @pengamatsepakbola. Dalam unggahannya, akun tersebut mengklaim PSM tak mendapat hadiah uang dari operator liga atau PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

“PSM Makassar, juara Liga 1 2022/2023 tidak mendapat hadiah uang dari PT LIB, hanya mendapat trofi,” bunyi unggahan @pengamatsepakbola.

Baca Juga:
Gagal Lanjutkan Naturalisasi, Justin Hubner Justru Bagikan Kabar Ini

Setelah ditelusuri, memang benar pemenang Liga 1 tak mendapatkan hadiah selain trofi. Dalam aturan PT LIB, disebutkan hadiah uang akan diberikan pada individu yang meraih penghargaan.

Penghargaan individu itu seperti pemain terbaik, pelatih terbaik, top skor, pemain muda terbaik, gol terbaik, dan wasit terbaik.

Usut punya usut, tak adanya hadiah untuk juara Liga 1 tak hanya berlaku bagi PSM. Bali United selaku kampiun Liga 1 2021-2022 juga tak mendapat hadiah selain trofi.

Fakta ini pun menghadirkan pertanyaan besar dari kalangan pecinta sepak bola Indonesia. Apalagi dengan adanya hak siar, sponsor, dan uang yang berasal dari sanksi.

Hingga saat ini, PT LIB pun belum buka suara terkait kabar ini. Para pecinta sepak bola Indonesia pun kini mulai gencar mempertanyakan fakta ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More