Rauhanda Riyantama
Arema FC juara Piala Presiden 2022. (Dok Arema FC)

Bolatimes.com - Adanya kabar Liga 1 tak memberikan hadiah untuk juaranya membuat banyak netizen membandingkannya dengan turnamen pramusim yang punya hadiah bernilai fantastis.

Kabar miring bahwa Liga 1 tak memberikan hadiah untuk juaranya selain trofi saja diungkap oleh netizen baru-baru ini.

Salah satunya adalah oleh akun Instagram @pengamatsepakbola yang menyebutkan bahwa juara Liga 1 2022-2023, yakni PSM Makassar, tak mendapat hadiah sama sekali.

Baca Juga:
Rekan Setim Jordi Amat Dicoret dari Skuad Malaysia di SEA Games 2023, Vietnam dan Thailand Full Senyum

“PSM Makassar, juara Liga 1 2022/2023 tidak mendapat hadiah uang dari PT LIB, hanya mendapat trofi,” bunyi unggahan @pengamatsepakbola

Unggahan itu lantas memantik reaksi netizen yang kecewa terhadap PT Liga Indonesia Baru atau PT LIB selaku operator Liga 1 2022-2023.

Terlebih lagi terungkap fakta lainnya, jika memang juara Liga 1 tak mendapat hadiah sejak musim lalu, kala Bali United menjadi juara Liga 1 2021-2022.

Baca Juga:
Geger, PSM Makassar Tak Dapat Hadiah Uang usai Juara BRI Liga 1 2022

Hal ini kemudian menjadi bahan perbincangan netizen, yang merasa miris dengan fakta tersebut. Apalagi penyelenggaraan Liga 1 mendapat pemasukan begitu besar.

Ajang Liga 1 sendiri mendapat pemasukan besar seperti dari hak siar, maupun sponsor kompetisi yang dalam dua musim terakhir digawangi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Karena adanya kabar ini, netizen pun mulai membanding-bandingkan kompetisi Liga 1 dengan turnamen pramusim yang mampu memberikan hadiah fantastis.

Baca Juga:
Gagal Juara BRI Liga 1 2022-2023, Luis Milla Didukung Tetap Tukangi Persib Bandung

Berikut tiga turnamen pramusim Indonesia yang punya hadiah fantastis meski gengsinya masih kalah dari kompetisi sekelas Liga 1.

1. Piala Presiden

Piala Presiden merupakan turnamen pramusim tahunan yang berdiri sejak 2015 silam. Sejak berdiri, ajang pramusim ini telah berlangsung sebanyak lima kali.

Baca Juga:
Jadwal Garuda Select vs Arsenal, Malam Ini Live di Mola TV

Total sudah ada tiga pemenang ajang pramusim ini, yakni Persib Bandung, Arema FC, dan Persija Jakarta di tahun 2015, 2017, 2018, 2019, dan 2022.

Bagi para pemenang Piala Presiden di tahun-tahun tersebut, mendapatkan hadiah yang terbilang fantastis. Terakhir juara Piala Presiden 2022, yakni Arema FC, mendapatkan hadiah uang Rp3 miliar.

2. Piala Menpora

Piala Menpora juga merupakan turnamen pramusim untuk sepak bola Indonesia. Ajang ini pertama dan terakhir kali digelar pada tahun 2021 lalu.

Saat itu, turnamen pramusim ini diadakan untuk menghidupkan kembali sepak bola Indonesia yang mati suri akibat pandemi Covid-19.

Dalam turnamen pramusim ini, Persija Jakarta keluar sebagai pemenang dan berhak mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp2 miliar.

3. Piala Gubernur Kaltim

PT LIB selaku operator Liga 1 seharusnya malu karena tak memberi hadiah kepada juaranya. Sebab, turnamen sekelas Piala Gubernur Kaltim memberikan hadiah fantastis untuk pemenangnya.

Piala Gubernur Kaltim digelar pada tahun 2018 lalu yang diikuti oleh delapan klub. Adapun Sriwijaya FC berhasil keluar sebagai pemenang.

Usai keluar sebagai pemenang, Sriwijaya FC mendapatkan hadiah uang tunai cukup fantastis untuk sekelas turnamen lokal, yakni Rp1 miliar.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More