Husna Rahmayunita
Justin Hubner saat membela Timnas Indonesia U-20 dalam laga uji coba. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - PSSI resmi menghentikan proses naturalisasi pemain keturuna Belanda-Indonesia Justin Hubner. Lantas apa alasannya?

Justin Hubner dan dua pemain lain yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick menjalani proses naturalisasi untuk proyeksi Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Bahkan, proses naturaliasi ketiganya telah disetujui dalam rapat paripurna DPR RI.

Namun, Timnas U-20 batal tampil di kejuaraan tersebut selepas FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia. Sedangkan proses naturalisasi tiga pemain sudah berjalan.

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Sikap Indra Sjafri yang Tak Puas dengan Kemenangan Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon

Teranyar, PSSI memastikan Justi Hubner batal dinaturaliasi. Pemain Wolverhampton Wanderers itu tak jadi alih kewarganegaraan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga menerangkan, Justin Hubner dicoret lantaran ada permintaan yang tidak bisa dipenuhi oleh PSSI.

"Jadi kita tidak melanjutkan untuk naturalisasi terhadap Hubner, karena ada permintaan Hubner yang tidak bisa kita penuhi," kata Arya saat ditemui di GBK Arena, Jakarta, Senin (17/4/2023).

Baca Juga:
Usai Hajar Lebanon, Kapten Timnas Indonesia U-22 Berhasrat Rebut Medali Emas SEA Games 2023

Namun, ia enggan menjabarkan permintaan Justin Hubner yang tidak bisa dipenuhi tersebut. Sempat beredar rumor  pemain tersebut meminta pembayaran sebesar satu juta euro atau senilai Rp 16 miliar.

Arya Sinulingga tidak mengetahui mengapa permintaan Justin Hubner baru dilontarkan menjelang fase akhir proses naturalisasi.

"Yang pasti kan begini, tidak ada niat kita untuk menghambat, ada komunikasi, ada namanya pendekatan kepada pribadi, kemudian keluarga. Biasanya mereka akan menunjuk agennya setelah itu. Baru kita proses," terangnya.

Meski Justin Hubner dicoret, Arya Sinulingga memastikan bila proses naturalisasi dua pemain keturunan lain yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick tetap berlanjut.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Rachmat Irianto Sidang Skripsi dan Diuji Waketum PSSI

"Kami sudah bersurat dengan Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga), kemudian Kemenpora akan ke Kemenristek (Kementerian Riset dan Teknologi) untuk Jenner dan Struick itu akan kita proses, akan diurus administrasinya dan disumpah," pungkasnya seperti dimuat Antara.

Load More