Rauhanda Riyantama
Pemain Persija Jakarta, Rio Fahmi. (Instagram/riofhm_)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Rio Fahmi, wonderkid milik Persija Jakarta yang terpilih sebagai pemain muda terbaik di Liga 1 2022-2023 ini.

Liga 1 2022-2023 telah resmi berakhir seiring tuntasnya pertandingan PSM Makassar vs Borneo FC di Stadion Gelora BJ Habibie, Minggu (16/4) malam WIB.

Usai laga yang dimenangkan PSM dengan skor 3-0 tersebut, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) pun menyerahkan penghargaan terhadap tim maupun individu yang tampil apik di musim ini.

Baca Juga:
Tak Bisa Mudik Lebaran, Ketum PSSI Bakal Datangkan Keluarga Pemain Timnas Indonesia U-22

PSM berhasil memborong banyak gelar pada penghargaan ini. Selain meraih gelar juara, pemain dan pelatihnya, Wiljan Puim dan Bernardo Tavares, terpilih sebagai pemain terbaik dan pelatih terbaik.

Untuk gelar pencetak gol terbanyak atau gelar top skor Liga 1 musim ini sendiri menjadi milik penyerang Borneo FC, Matheus Pato, yang mencetak total 25 gol.

Lalu untuk kategori pemain muda terbaik, Wing Back kanan muda milik Persija Jakarta, Rio Fahmi, menjadi pemenangnya.

Baca Juga:
BRI Liga 1 2022 Rampung, Berikut Daftar Lengkap Peraih Penghargaan Individu

Terpilihnya Rio Fahmi sebagai pemain muda terbaik pun kemudian menjadi perbincangan. Banyak yang mulai mencari tahu mengenai sosok pemain muda Persija itu.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari pemain muda terbaik Liga 1 2022-2023 yakni Rio Fahmi.

Fans yang Jadi Bintang Persija Jakarta

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Disebut-sebut Media Thailand Lolos Semifinal SEA Games 2023, Tuan Rumah Bakal Gugur

Rio Fahmi merupakan bek sayap milik Persija Jakarta yang lahir di Banjarnegara pada 6 Oktober 2001 atau 21 tahun silam. Ia lahir dengan nama lengkap Ilham Rio Fahmi.

Kariernya hingga menjadi pemain andalan Persija dan pemain muda terbaik Liga 1 2022-2023 pun terbilang cukup menarik.

Dilansir dari laman Persija, Rio Fahmi dulunya hanyalah fans atau pendukung tim berjuluk Macan Kemayoran itu, sebelum menjadi andalan dan bintang di tim ibu kota.

Baca Juga:
Jelang Latihan Pertama Persiapan SEA Games 2023, Cuma 10 Pemain yang Baru Gabung Skuad Vietnam

Diceritakan bahwa pada Maret 2017 lalu, seorang remaja terlihat antusias menonton Persija bertanding di Cilacap Cup 2017.

Sebagai fans, ia pun berhasrat bisa membela tim idolanya itu. Kemudian, Rio Fahmi mulai meniti karier di lapangan hijau.

Klub pertama dalam kariernya adalah Persibara Banjarnegara yang telah dibelanya sejak 2018. Dua tahun berselang, ia pun lolos seleksi Persija U-20 yang dipersiapkan untuk Elite Pro Academy (EPA) U-20 pada 2020 lalu.

Meski gagal tampil di Persija U-20 akibat pandemic Covid-19, Rio Fahmi pun tetap mendapat berkah setelah dirinya dipromosikan ke tim utama.

Usai promosi ke tim utama, Rio Fahmi mendapat pelajaran penting dari pemain senior berlabel bintang di Persija seperti Marco Motta yang berposisi sama sepertinya.

Dari sanalah Rio Fahmi kemudian mendapatkan debutnya bersama Persija saat tampil sebagai pemain pengganti kala timnya melawan PSIS Semarang pada 12 September 2021.

Usai debutnya itu, Rio Fahmi beberapa kali kerap menjadi andalan Persija, terutama seiring hengkangnya Marco Motta.

Puncaknya pun ia berhasil menyegel posisi Wing Back kanan Persija di Liga 1 2022-2023 ini, dengan mencatatkan 30 penampilan.

Jika ditotal, Rio Fahmi telah tampil sebanyak 58 pertandingan di segala ajang bagi Persija, dan berhasil memberikan gelar Piala Menpora 2021.

Penampilannya itu kemudian membuat Shin Tae-yong sempat memanggilnya untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 Vietnam.

Nahas bagi Rio Fahmi, debutnya tak berjalan manis sehingga mendapat cercaan dari pendukung Timnas Indonesia.

Meski begitu, Rio Fahmi tak jatuh begitu saja dan berhasil bangkit, sehingga mampu meraih gelar pemain muda terbaik di Liga 1 2022-2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More