Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Selebrasi Witan Sulaeman usai cetak gol saat Persija Jakarta kalahkan PSS Sleman 5-0. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Persija Jakarta dipastikan akan mewakili Indonesia tampil di Kualifikasi Piala AFC musim 2023/2024. Hasil ini didapat setelah Macan Kemayoran finis sebagai runner up di BRI Liga 1 2022 setelah mengalahkan PSS Sleman.

Ada tiga slot bagi Indonesia untuk ikut kualifikasi Piala AFF 2023. Satu slot untuk tampil di play off Liga Champions Asia akan diperebutkan Bali United (juara Liga 1 2021/2022) dan PSM Makassar (juara Liga 1 2022/2023).

Tim yang kalah akan otomatis tampil di ajang Piala AFC kompetisi level kedua di daratan Asia.

Baca Juga:
Klasemen Akhir BRI Liga 1 2022: PSM Makassar Juara, Persija Jakarta dan Persib Bandung Finis di Peringkat Dua dan Tiga

"Kami siap untuk kualifikasi Piala AFC," kata Thomas Doll dalam konferensi pers usai pertandingan melawan PSS Sleman semalam.

Persija Jakarta mengakhiri BRI Liga 1 2022/2023 di posisi dua klasemen akhir. Kepastian ini didapat setelah Persija mengalahkan PSS Sleman di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (15/4/2023).

Persija menang 5-0 dalam pertandingan tersebut. Gol Macan Kemayoran dicetak oleh hattrick Michael Krmencik, Witan Sulaeman, dan Aji Kusuma.

Baca Juga:
Hasil Liga Italia Semalam: AC Milan dan Napoli Kompak Ditahan Imbang, Inter Milan Tumbang

Tambahan tiga poin membuat Persija mengunci posisi dua dengan 66 poin. Mereka mengalahkan Persib Bandung di peringkat tiga dengan 62 poin.

Piala AFC merupakan kompetisi sepak bola antara klub se-Asia yang diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Kompetisi ini adalah kompetisi antarklub tingkat kedua di Asia setelah Liga Champions AFC.

Piala AFC ditujukan untuk negara yang tidak dapat jatah di kompetisi LCA berdasarkan Peringkat Kompetisi Klub AFC.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol Semalam: Real Madrid Taklukkan Cadiz, Real Betis Lumat Espanyol

Al-Seeb adalah juara bertahan setelah memenangkan gelar di musim 2022. Al-Kuwait dan Al-Quwa Al-Jawiya saat ini adalah klub yang paling sukses pada gelaran Piala AFC dengan raihan 3 gelar juara.

Liga sepak bola Kuwait, Liga Utama Kuwait merupakan liga tersukses pada turnamen ini dengan torehan 4 gelar juara.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris Semalam: Chelsea dan Tottenham Tumbang, Manchester City Pesta Gol

Load More