Husna Rahmayunita
Pemain Malaysia U-22 Zikri Khalili. (Instagram/@ahmd.zikr)

Bolatimes.com - Salah satu pemain Timnas Malaysia U-22 yang patut dinantikan kiprahnya pada penyelenggaraan SEA Games 2023 ialah Zikri Khalili

Jauh sebelum penyelenggaraan SEA Games 2023, Zikri Khalili memang sudah menjadi bagian dari skuad Timnas Malaysia U-22 yang dipersiapkan Brad Maloney untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 yang berlangsung di Mongolia pada Oktober tahun lalu.

Kini, Zikri Khalili akan menjadi salah satu pemain penting di skuad Timnas Malaysia U-22 yang disebut-sebut menjadi salah satu kontestan terkuat untuk meraih medali emas di SEA Games 2023.

Baca Juga:
Isco dan James Rodriguez Kini Nganggur, Tim Liga 1 Tertarik Rekrut?

Sebagai informasi, Timnas Malaysia U-22 yang tergabung di Grup B akan bersaing dengan lawan-lawan yang cukup tangguh seperti Thailand hingga Vietnam. Selain itu, ada pula Singapura dan Laos yang menjadi peserta lainnya.

Profil Zikri Khalili

Sebagai informasi, Zikri Khalili merupakan pesepak bola yang tercatat lahir di Bandar Tun Razak, Pahang, pada 25 Juni 2022. Dengan kata lain pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini masih berusia 22 tahun.

Baca Juga:
Thailand Sah Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-23 2023, Vietnam Tersingkirkan

Awal mula perjalanan karier Zikri Khalili dimulai bersama Malaysia Pahang Sports School (2015). Setahun berselang, dia kemudian bergabung dengan Bukit Jalil Sports School (2016).

Salah satu titik terpenting dalam perjalanan pemain ini ialah kesempatan untuk bergabung bersama Akademi Mokhtar Dahari (AMD), salah satu kawah candradimuka pembinaan pemain usia dini di Negeri Jiran.

Setelah dua tahun berlatih bersama AMD (2017-2019), Zikri Khalili kemudian mendapat peluang untuk bermain bersama Selangor. Klub ini menjadi pelabuhan baru untuk mengembangkan talentanya.

Baca Juga:
Polemik Proses Naturalisasi Justin Hubner, Pernyataan dengan PSSI yang Saling Berkebalikan

Awalnya, Zikri memang baru bermain bersama Selangor II di ajang Malaysia Premier League 2020. Semusim kemudian, dia dipromosikan ke tim utama Selangor FC yang berkompetisi di Malaysia Super League.

Debutnya tercipta ketika Selangor FC menghadapi Felda United pada ajang Liga Super Malaysia, tepatnya pada 10 Oktober 2020. Sejak saat itu, dia perlahan-lahan mulai mendapat menit bermain yang lebih banyak.

Sejak berusia muda, pemain bernama lengkap Ahmad Zikri bin Mohd Khalili ini memang sudah menjadi bagian dari skuad tim nasional Malaysia di kelompok usia muda.

Baca Juga:
Simak Alur Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026, Lengkap dengan Jadwal Kualifikasi

Awalnya, Zikri mewakili Malaysia di level Timnas U-16. Salah satunya yakni pada ajang Piala Asia U-16 2018 yang ketika itu berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. 

Saat itu, Zikri memainkan semua pertandingan di kejuaraan ini. Sayangnya, Malaysia U-16 gagal melaju hingga fase gugur karena langkahnya terhenti di penyisihan grup.

Kemudian, Zikri naik kelas untuk memperkuat Timnas Malaysia U-18 di ajang Piala AFF U-19 2018 di Vietnam.

Kini, pemain bertahan berusia 22 tahun itu akan memulai kiprahnya bersama Timnas Malaysia U-22 di SEA Games 2023.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More